Cegah rabies, ribuan hewan di Barsel divaksinasi

id Rabies,anjing,vaksin,kera,hewan,Kabid peternakan barsel

Cegah rabies, ribuan hewan di Barsel divaksinasi

Kabid Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Hevijanto.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 2.800 hewan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah divaksinasi rabies, kata Kabid Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Barsel, Hevijanto.

"Hewan jenis anjing yang telah divaksinasi tersebut tersebar di lima kecamatan," ucapnya di Buntok, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 853 anjing telah divaksinasi, Gunung Bintang Awai 706 anjing, Dusun Utara, 896 anjing, Kecamatan Karau Kuala 92 anjing dan Dusun Hilir 226 serta dua ekor kera.

Menurut dia, vaksinasi ini dilakukan, untuk menanggulangi penyebaran rabies pada gigitan anjing terhadap manusia.

"Karena berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) rabies, pihaknya setiap tahun melakukan vaksinasi, dan eliminasi pada anjing liar tanpa pemilik," ucap Hevijanto.

Ia menambahkan, dalam melakukan vaksin ada sedikit kendala yakni pada saat petugas datang, pemilik, dan anjing tidak ada ditempat, atau sedang bekerja dikebun.

Padahal kata dia, jauh-jauh hari pihaknya telah mengirim surat bahwa akan datang melakukan vaksin.

Meski demikian semuanya bisa diatasi dengan baik, sebab kesadaran warga sangat membantu kita untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan khususnya anjing.

Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat agar apabila hewan peliharaan belum divaksin agar menghubungi pihaknya.