Pemkab Barut sosialisasikan program inovasi desa

id pemkab barut, program inovasi desa ,P2KTD,Pemkab Barut sosialisasikan program inovasi desa

Pemkab Barut sosialisasikan program inovasi desa

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didamingi Plt Kadis Sosial,Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Eveready Noor foto bersama usai pembukaan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) dan rapat koordinasi (Rakor) tim inovasi kabupaten (TIK) Barito Utara di aula BappedaLitbng di Muara Teweh, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa dan program inovasi desa yang diikuti sembilan kecamatan setempat.

"Program inovasi desa sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing," kata Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra saat membuka kegiatan tersebut di Muara Teweh, Kamis.

Menurutnya program inovasi desa (PID) hadir sebagai upaya mendorong peningkatakan kualitas pemanfaatan dana desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa.

"Hal ini juga untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur," jelasnya.

Ia mengemukakan inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing, infrastruktur menjadi lebih baik yang akan secara tidak langsung menggerakan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi Kabupaten Barito Utara secara keseluruhan.

"Kegiatan ini memperkenalkan akan pentingnya penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) yang mendukung pelaksanaan UU Desa dan program inovasi desa, khususnya bidang kewirausahaan, pengelolaan SDM dan infrastruktur serta menyusun profil P2KTD di kabupaten," terang dia.

Dia mengatakan tujuan dari P2KTD adalah unbtuk mewujudkan kegiatan pembangunan desa yang inovatif dan lebih berkualitas, membantu pemerintah dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan serta meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dan kader pemberdayaan masyarakat desa.

Untuk itu diharakan melalui kegiatan ini, akan didapat memahami filosofis, teknis serta panduan dalam fasilitasi pelaksanaan kegiatan P2TKD, sehingga aparatur desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan desa dalam memanfaatkan dana yang menjadikan desa lebih inovatif.

"Pemerintah Kabupaten Barito Utara sangat berkomitmen agar desa berubah menjadi semakin baik. Perbaikan desa akan terwujud jika aparatur desa terus didorong untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan dana desa yang efektif," lanjutnya.