Apresiasi dewan terkait penghargaan yang diraih Bupati Barsel

id dprd barsel,bupati barsel,penghargaan,bidang pendidikan,apresiasi

Apresiasi dewan terkait penghargaan yang diraih Bupati Barsel

Anggota DPRD Barito Selatan, H. Abdul Gani.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Abdul Gani mengapresiasi bupati setempat meraih penghargaan bidang pendidikan dari Ikatan Guru Indonesia.

"Penghargaan ini menunjukan perhatian, dan kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan terhadap pendidikan sudah sangat luar biasa," katanya di Buntok, Kamis.

Penghargaan ini, lanjut dia bisa menjadi motivasi bagi Pemkab Barito Selatan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini.

"Dengan majunya dunia Pendidikan ini, maka secara otomatis indeks pembangunan manusia di kabupaten ini akan meningkat," ujar politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan itu.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri sebelumnya mengatakan pihaknya memang berkomitmen untuk terus memajukan berbagai sektor pembangunan termasuk dalam dunia pendidikan.

Saat ini, lanjut dia pihaknya sedang bergerak cepat dalam menjalankan segala sektor pembangunan khususnya dalam bidang pendidikan.

"Berbagai isu-isu strategis pembangunan dibidang pendidikan sedang terus dijalankan," ucapnya.

Ia menjelaskan pembangunan dalam bidang pendidikan tersebut, seperti peningkatan sarana, dan prasarana, peningkatan kualitas kompetensi pendidik, dan tenaga pendidik.

"Kemudian standar kompetensi kelulusan sebagaimana yang termuat ?dalam delapan standar nasional pendidikan," tambahnya.

Pada 2018, sebutnya pihaknya sudah menjalankan sejumlah program yang diantaranya seperti melaksanakan Diklat dasar, dan lanjutan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menyediakan 600 unit sepeda untuk siswa SD, dan SMP berprestasi, dan kurang mampu.

Setelah itu melakukan pembelajaran berbasis multimedia untuk SD, dan SMP, ?melaksanakan pelatihan kurikulum 2013, dan melakukan pembinaan terhadap guru, kepala sekolah, serta pengawas berprestasi.

Pihaknya, kata dia juga menyediakan dana Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk jenjang sekolah dasar, dan Sekolah Menengah Pertama, termasuk menyediakan dana BOP bagi Taman Kanak-kanak (TK) negeri.

"Selain itu, membangun gedung sekolah, dan rumah dinas guru, serta membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan," tambahnya.

Melalui kegiatan percepatan pembangunan khususnya dalam sektor pendidikan tersebut lanjut dia, diharapkan akan bisa lebih meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.