Bantuan alsintan di Kalteng dinilai sudah cukup maksimal

id KTNA Kalteng,Sugianor ,kalimantan tengah,alsintan ke kalteng,bantuan alsintan

Bantuan alsintan di Kalteng dinilai sudah cukup maksimal

illustrasi - Sebanyak 120 unit alat dan mesin pertanian berbagai jenis yang diterima oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani di Kabupaten Seruyan. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Jenis alsintan yang sudah diterima petani yakni traktor, 'cultivator' atau alat pengolah lahan, bibit, pupuk, obat-obatan dan banyak lagi. Tapi perlu diingat, bantuan itu diberikan kepada kelompok, bukan perorangan
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalimantan Tengah Sugianor mengaku, pemberian alat mesin pertanian dari Pemerintah Pusat ke provinsi ini sudah cukup maksimal dan tinggal dimanfaatkan seoptimalnya.

Bantuan alsintan yang disalurkan Pemerintah Pusat itupun sangat berguna sekali bagi para petani dalam mengembangkan produksi pertaniannya, bahkan sudah mulai mampu bersaing dengan provinsi lain, kata Sugianor di Palangka Raya, Jumat.

"Jenis alsintan yang sudah diterima petani yakni traktor, 'cultivator' atau alat pengolah lahan, bibit, pupuk, obat-obatan dan banyak lagi. Tapi perlu diingat, bantuan itu diberikan kepada kelompok, bukan perorangan," tambahnya.

Pria yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya itu menyebut, Pembagian alsintan dari pemerintah pusat yang di bagikan oleh instansi terkait di Pemprov Kalteng sudah berjalan pada beberapa bulan lalu. 

Dia mengatakan apabila para petani hendak menggunakan alsintan dikelola oleh kelompok kerja (Pokja) tani, maka petani wajib membuat surat permohonan guna si penanggung jawab alat bisa melacak keberadaan alsintan tersebut.

"Kendati masih ada kelompok petani yang belum dapat, maka diminta bersabar dan akan diusulkan kembali oleh instansi terkait untuk mendapatkan bantuan serupa," ucapnya.

Ketua PKB Kota Palangka Raya itu mengatakan, dengan turunnya bantuan alsintan untuk para petani di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini, sudah tentu banyak membantu petani dalam menjalankan pekerjaannya sebagai petani.

"Harapan saya kedepan bantuan seperti ini terus disalurkan oleh pemerintah pusat yang tujuannya adalah membantu para petani dalam menjalankan usaha pertaniannya di Kalteng," demikian Sugianor.