1.063 hewan peliharaan di Barito Utara diberi vaksin rabies

id vaksin rabies,1.063 hewan peliharaan di Barito Utara diberi vaksin rabies

1.063 hewan peliharaan di Barito Utara diberi vaksin rabies

Petugas kesehatan hewan memberikan vaksin rabies di sejumlah desa di Kabupaten Barito Utara. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada Januari-September 2018 telah memberikan vaksin rabies pada 1.063 ekor hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing dan kera tersebar di dalam kota dan sejumlah desa sekitar.

"Pemberian vaksin rabies ini untuk antisipasi atau pencegahan penularan penyakit rabies dari hewan ke manusia dengan menurunkan petugas ke sejumlah tempat di Muara Teweh dan desa, sesuai dengan usulan masyarakat," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi di Muara Teweh, Jumat.

Ribuan ekor hewan yang diberikan vaksin, tercatat 761 ekor adalah anjing, kucing 299 ekor dan kera tiga ekor yang dipelihara masyarakat.

Baca juga: Tiga warga Bartim positif tertular virus rabies

Lokasi yang sudah diberikan vaksin rabies antara lain sejumlah tempat di Muara Teweh di Kelurahan Lanjas dan Melayu diantaranya Jalan Nenas sampai Simpang Pramuka, Jalan Panti Ajar, Taman Remaja.

"Selain itu Desa Manjangkan Kecamatan Gunung Timang, Desa Bukit Sawit, Transbangdep, Trahean dan Bintang Ninggi masing-masing Kecamatan Teweh Selatan serta Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru," kata Budi didampingi Kasi Kesehatan Hewan, Urip Wijiasto. 

Budi menjelaskan, pemberian vaksin rabies kepada hewan atas kesadaran masyarakat di daerah ini semakin meningkat, apalagi salah satu program bidang peternakan dengan memberikan pelayanan pencegahan dan pemberantasan penyakit ?zoonosis (menular rabies, flu burung dan lainnya) dengan target `zero incident` atau nol kejadian/kasus. 

Berdasarkan laporan dari masyarakat di kecamatan Teweh Tengah ada satu kasus anak yang digigit anjing saat sedang bermain-main.

Terhadap anak tersebut sudah dilakukan penanganan (diobati) dan kondisinya baik-baik saja, sedangkan anjingnya meski diduga tidak mengidap rabies, tetapi tetap diberikan vaksin.

"Kegiatan pemberian vaksin rabies ini akan dilakukan sampai akhir tahun nanti dengan target sebenyak 4.000 ekor hewan peliharaan masyarakat," jelas Budi.

Baca juga: Barito Utara beri vaksin rabies 189 hewan