Warga Sampit terkejut dengan kenaikan harga daging ayam

id daging ayam,kenaikan harga,mahal,rumah makan,Warga Sampit terkejut dengan kenaikan harga daging ayam

Warga Sampit terkejut dengan kenaikan harga daging ayam

Pedagang ayam potong. (Foto Antara Kalteng/Rini Andriani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Harga daging ayam potong di beberapa pasar tradisional Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah tembus hingga Rp48.000/kg.

Warga Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Yurhayani di Sampit, Selasa mengatakan, harga daging ayam potong semula Rp38.000/kg hingga Rp40.000/kg, namun sekarang naik menjadi Rp48.000/kg.

"Kenaikan harga daging ayam terjadi sejak Selasa (9/10) dini hari. Masih belum diketahui secara jelas pemicu kenaikan harga daging ayam tersebut," tambahnya.

Yurhayani mengaku sempat terkejut dengan kenaikan harga daging ayam tersebut, namun dia mengaku tetap membelinya karena membutuhkan.

"Mau tidak mau kami tetap membeli karena kami memerlukannya. Namun yang semula ingim membeli 2 kg karena mahal akhirnya membeli 1 kg saja," ungkapnya.

Yurhayani berharap harga daging ayam dapat segera normal kembali agar tidak terlalu membebani kebutuhan rumha tangganya.

Sementara itu, Astri pedagang ayam di pasar tradisional Keramat mengatakan, kenaikan harga daging ayam terjadi karena stok berkurang akibat pasokan dari agen belum datang.

"Stok yang kami miliki sekarang terbatas akibatnya beberapa pesanan pelanggan dalam jumlah banyak terpaksa tidak dapat kami penuhi," terangnya.

Astri mengaku lebih mengutamakan pembali yang datang langsung ke pasar agar tidak kecewa.

"Kami membeli ayam dari agen yang dipasok dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun beberapa hari terakhir pasokan itu berkurang. Selain pasokan berkurang harganya juga naik," ucapnya.?

Sementara itu, akibat naiknya harga daging ayam tersebut juga berdampak pada naiknya harga makanan, terutama yang berbahan daging ayam.

Beberapa rumah makan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur yang semula menjual Rp12.000/porsi dengan lauk daging ayam, sejak Selasa (9/10) siang naik menjadi Rp13.000/prosi.