Pilkades tujuh desa rawan konflik pun berjalan lancar

id PILKADES SERENTAK LAMANDAU BERJALAN LANCAR,Bupati,Hendra Lesmana,Pemilih,Kepala desa

Pemungutan suara di Desa Mekar Mulya Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau berlangsung aman dan kondusif. Tampak salah satu warga sedang menggunakan hak pilihnya, Rabu (10/10/18). (Foto Antara Kalteng/Koko Sulistyo)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 18 desa di Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah, berjalan aman dan lancar, termasuk pilkades di tujuh desa yang sebelumnya dikategorikan rawan konflik, juga berjalan kondusif.

"Alhamdulillah semua tahapan hingga pemungutan suara berjalan aman dan damai," kata Kepala Desa Mekar Mulya Kecamatan Sematu Jaya, Turmudi,  Kamis.

Pemungutan suara pilkades serentak dilaksanakan Rabu (10/10). Masyarakat di 18 desa tersebar di enam kecamatan, beramai-ramai menggunakan hak pilihnya dengan memilih calon kepala desa yang mereka anggap mampu membawa kemajuan bagi desa mereka.

Sebelumnya pemerintah daerah memetakan, terdapat tujuh desa yang rawan konflik, yaitu Desa Mekar Mulya, Nuangan, Kinipan, Bayat, Kahingai, Belibi dan Karang Besi. Perhatian pun lebih diarahkan pada pelaksanaan pilkades di tujuh desa tersebut dengan mengajak masyarakat dan mereka yang terlibat dalam pilkades untuk bersama-sama menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif.

Secara keseluruhan tahapan pilkades di Kecamatan Sematu Jaya khususnya di Desa Mekar Mulya berjalan lancar. Mulai dari tahapan awal, pelaksanaan hingga pemungutan, suara tidak mengalami kendala. Semua pihak berharap kondisi ini terjaga hingga pasca pilkades.

Menurut Turmudi, suksesnya pelaksanaan pilkades serentak berkat sinergitas yang terjalin baik di antara calon kepala desa, pendukung dan seluruh masyarakat desa setempat.

Dia menjelaskan, dalam pemilihan kepala dfesa Mekar Mulya ada tiga kandidat yang bertarung, yakni calon nomor urut 1 Rahmad Budi Utomo, nomor urut 2 Herlangga Triatmaja Hadi Wijaya dan nomor urut 3 Purwadi.

Sementara itu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana bersyukur atas penyelenggaraan pilkades di Bumi Bahaum Bakuba yang berjalan dengan baik dan aman. Saat ini masyarakat desa sudah menentukan pemimpinnya dengan demokratis.

Hendra berharap kepada kepala desa selaku kepanjangan tangan pemerintah kabupaten agar dapat menjaga amanah dan melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas. Selain itu, seluruh kepala desa terpilih diharapkan bisa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten.

"Sekat yang berbeda antar pendukung harus kita hilangkan dan kembali bersatu. Bagi yang tidak terpilih saya minta bisa legowo mendukung dan bersatu lagi dengan kepala desa terpilih untuk membangun Lamandau Juara," demikian Hendra. 

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar