IAPA diminta hasilkan rekomendasi akademik untuk pemerintah

id iapa,wali kota palangka raya,seminar nasional,ump

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin saat membuka Seminar Internasional IAPA di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kamis (11/10/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin meminta seminar internasional "Indonesian Asscociation for Public Administration" (IAPA) yang digelar di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menghasilkan rekomendasi akademik untuk pemerintah.

"Tidak bisa dipungkiri, sampai saat ini masih banyak pelayanan publik yang belum maksimal. Untuk itu melalui acara ini kami berharap IAPA memberikan rekomendasi dan masukan serta saran dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan administrasi pemerintahan," kata Fairid di Palangka Raya, Kamis.

Wali kota termuda di Indonesia ini juga meminta anggota IAPA dapat melakukan studi dan penelitian terhadap pelaksanaan pemerintahan baik terkait pelayanan publik maupun manajemen serta administrasi di pemerintahan.

"Diharapkan hasil kajian akademis itu dapat dijadikan sebagai salah satu acuan pemerintah kota dalam penyusunan program kerja dan pelaksanaan kebijakan pemerintahan," katanya.

Di sisi lain, Fairid berharap seminar internasional di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga menjadi media promosi pariwisata dan berbagai potensi lainnya di kancah nasional dan internasional.

"Palangka Raya memiliki wilayah luas namun penduduknya sedikit. Banyak peluang investasi yang bisa dilakukan. Di sisi lain kami juga memohon doa dan dukungan mudah-mudahan apa yang pernah diucapkan oleh Presiden Soekarno menjadikan Palangka Raya ibu kota negara segera terwujud," kata Fairid saat membuka acara seminar.

Acara seminar internasional itu dihadiri sejumlah perwakilan perguruan tinggi di Kalimantan Tengah serta perwakilan anggota IAPA di Indonesia.

Turut hadir dalam acara itu seperti Plt Sekda Pemprov Kalteng Fahrizal Fitri, mantan Wali Kota Palangka Raya dan juga mantan Dekan FISIP UM Palangkaraya, Dr HM Riban Satia.

Sebagai narasumber seperti Anngus Shuenn-Ren Liou dari National Chung Kung University (NCKU), Taiwan, Dr Lizan E. Peranre Calina dari University of the Philippines dan Prof Mohammad Agus Yusoff dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Selain itu juga ada Dirjen Binamarga Sugiyartanto, Bupati Banyuwangi A Azwar Anas dan Guru Besar Univesitas Negeri Palangakaraya (UPR) Prof Dr Sulmin Gumiri.

Rektor UM Palangkaraya, Dr Bulkani dalam sambutannya berterima kasih kepada IAPA karena pihaknya diberikan kesempatan menjadi universitas swasta pertama yang menjadi tuang rumah seminar internasional IAPA.

"Jika ada `event` nasional maupun internasional, dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah kami siap dan terbuka menjadi tuan rumah," katanya.

Bulkani pun berharap seminar internasional itu menghasilkan rekomendasi akademis yang dapat diimplementasikan pemerintah daerah terutama di Kalimantan Tengah dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat lokal dan global.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar