Siap-siap, jumlah pelamar CPNS Kotim sudah sebanyak ini

id Siap-siap, jumlah pelamar CPNS Kotim sudah sebanyak ini,Tes CPNS,Seleksi CPNS,Kotim,Sampit,BKD,Alang Arianto

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pelamar calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah membeludak dan dipastikan terus bertambah karena masa pendaftaran masih dibuka.

"Sampai saat ini (Kamis siang) sudah ada 2.665 orang yang mendaftar secara online, sedangkan berkas masuk sudah 2.300 berkas," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Kamis.

Menurut dia, tahun ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendapat kuota penerimaan CPNS sebanyak 602 formasi. Formasinya terdiri 325 formasi bidang pendidikan, 275 bidang kesehatan dan dua formasi pengangkatan honorer K2.

Jumlah kuota yang didapat Kotawaringin Timur merupakan yang terbanyak di Kalimantan Tengah. Tidak berlebihan jika pelamar yang mendaftar sangat banyak, bahkan diperkirakan ada yang berasal dari luar kabupaten ini.

"Memang sempat ada kendala yaitu cukup sulitnya calon pelamar mengakses situs pendaftaran online. Namun kini aksesnya sudah lancar sehingga makin banyak pelamar yang mendaftarkan diri," katanya.

Dia mengatakan pendaftar dipastikan terus bertambah karena panitia nasional memperpanjang masa pendaftaran hingga 15 Oktober. Selain mendaftar secara online, peserta juga harus menyerahkan berkas kepada panitia di daerah dengan mengirimkan berkas ke kantor Badan Kepegawaian Daerah melalui kantor pos.

"Kami sudah mengantisipasi jika jumlah pesertanya membeludak. Selain menyiapkan perangkat komputer yang memadai, kami juga akan mengatur pelaksanaan tes untuk beberapa kelompok setiap harinya," ujar Alang.

Seleksi akan dilaksanakan dengan sistem `computer assisted test` atau CAT di aula pendidikan dan pelatihan Badan Kepegawaian Daerah di belakang Stadion 29 November Sampit. Ada 100 unit perangkat komputer yang disiapkan untuk pelaksanaan tes CAT nanti.

Alang menyarankan calon peserta memperbanyak latihan agar lebih siap dan menguasai banyak materi sebagai bekal. Sistem CAT dilakukan secara transparan untuk mencegah terjadinya kecurangan oleh siapapun.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, pendaftaran CPNS dari 26 September sampai 15 Oktober, seleksi administrasi dari 28 September sampai 20 Oktober, pengumuman kelulusan seleksi administrasi pada 21 Oktober.

Selanjutnya, penjadwalan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) pada 21-25 Oktober, pelaksanaan seleksi kompetensi dasar 26 Oktober sampai 17 November, pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) 22-28 November, penggabungan SKD dan SKB pada 29 November hingga 1 Desember, dan pengumuman akhir 3 Desember 2018. 

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar