Lantik Taufiq Mukri jadi Ketua Umum DAD Kotim, ini pesan Agustiar

id TAUFIQ JABAT KETUA DEWAN ADAT DAYAK KOTIM,Dewan Adat Dayak,Sampit,Agustiar sabran, supian hadi, untung, taufiq mukri

Lantik Taufiq Mukri jadi Ketua Umum DAD Kotim, ini pesan Agustiar

Ketua Umum DAD Provinsi Kalteng H Agustiar Sabran melantik pengurus DAD Kabupaten Kotim periode 2017-2022, Minggu (14/10/2018) malam. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit, Kalteng, 14/10 (Antara) - HM Taufiq Mukri akhirnya dilantik menjadi Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah untuk periode 2017-2022.

"Saya minta pengurus DAD Kotawaringin Timur menjalankan tugas dengan baik dalam membantu masyarakat, khususnya membantu menciptakan kondisi daerah yang aman dan kondusif, serta memperjuangkan masyarakat Dayak," kata Ketua Umum DAD Provinsi Kalimantan Tengah, H Agustiar Sabran usai melantik dan mengukuhkan pengurus DAD Kotawaringin Timur di Sampit, Minggu malam.

Kepengurusan DAD Kotawaringin Timur periode 2017-2022 terdiri HM Taufiq Mukri sebagai Ketua Umum, Untung sebagai Ketua Harian, H Halikinnor sebagai Sekretaris Umum dan Siagano sebagai Bendahara. Mereka dibantu pengurus lainnya masing-masing bidang.

Pelantikan pengurus DAD Kotawaringin Timur baru bisa dilaksanakan karena sebelumnya terjadi masalah internal. Saat pemilihan ketua menggantikan ketua sebelumnya, terjadi kebuntuan atau berakhir 'deadlock'.

Masalah itu kemudian diambil alih DAD Provinsi yang kemudian menunjuk HM Taufiq Mukri sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum DAD Kotawaringin Timur. Kini, Taufiq Mukri yang juga Wakil Bupati Kotawaringin Timur itu dilantik menjadi Ketua Umum DAD Kotawaringin Timur yang definitif.

Taufiq menyatakan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan. Dia akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan amanah tersebut dengan baik.

Dia berharap dukungan semua pihak agar bisa menjalankan amanah tersebut dengan baik sesuai harapan masyarakat. Taufiq menyadari, dirinya tidak mungkin bisa menjalankan tugas dengan baik tanpa dukungan seluruh pengurus, pemerintah daerah, instansi terkait serta masyarakat.

"Kami berharap dengan semangat yang baru bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi Dewan Adat Dayak, masyarakat Dayak dan seluruh masyarakat di daerah ini," harap Taufiq.

Taufiq menyatakan, perbedaan yang ada jangan sampai menimbulkan masalah. Dia mengajak semua pihak untuk bersatu sehingga DAD bisa berkontribusi maksimal untuk masyarakat dan daerah.

DAD menjadi tumpuan dalam upaya melestarikan adat dan budaya masyarakat Suku Dayak. Keberadaan DAD diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Taufiq berjanji, melalui DAD akan diupayakan peningkatan peran masyarakat Dayak dalam pembangunan Kotawaringin Timur. DAD akan menjembatani peran dan aspirasi masyarakat dengan pemerintah demi kemaslahatan masyarakat.

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi mengapresiasi dilantiknya pengurus DAD Kotawaringin Timur. Dia yakin DAD akan dapat meningkatkan kontribusinya terhadap masyarakat dan daerah, apalagi Taufiq Mukri merupakan Wakil Bupati sehingga sudah pasti paham dan tahu jelas apa yang harus dilakukan DAD untuk membantu daerah.

Supian menegaskan, pemerintah daerah berkomitmen terus mendukung organisasi DAD. Sinergitas yang sudah terjalin harus ditingkatkan demi tujuan bersama yakni kepentingan masyarakat.