BK DPRD Palangka Raya diminta evaluasi kehadiran anggota

id kota palangka raya,palangka raya,ketua dprd palangka raya,sigit k yunianto

BK DPRD Palangka Raya diminta evaluasi kehadiran anggota

Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Nanti kita lihat siapa saja yang tidak pernah hadir. Kita akan evaluasi menyeluruh
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya,Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta Badan Kehormatan (BK) DPRD setempat mengevaluasi kehadiran anggota terutama yang sering tak hadir dalam rapat.

"Badan Kehormatan DPRD kita masih aktif dan mereka lah yang akan memberi teguran dan masukan kepada mereka yang sering tidak hadir dan melanggar aturan. Terkait penegakan disiplin, BK yang berwenang sementara kita tidak ada kewenangan," kata Sigit di Palangka Raya, Senin.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, evaluasi itu dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja DPRD.

Dia meminta sekretariat dewan membuat rekapitulasi kehadiran anggota DPRD "Kota Cantik" dalam pelaksanaan rapat-rapat baik paripurna, rapat dengar pendapat maupun rapat lainnya.

"Rekapitulasi itu agar segera diselesaikan. Jika sudah segera laporkan ke saya. Nanti kita lihat siapa saja yang tidak pernah hadir. Kita akan evaluasi menyeluruh," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan Sigit saat dikonfirmasi adanya sejumlah sebagian anggota DPRD Kota setempat yang sering tidak hadir dalam Paripurna.

Sigit mengatakan keaktifan dan kehadiran wakil rakyat dalam mengikuti seluruh rangkaian agenda telah diatur dalam tata tertib DPRD.

"Sanksi bagi setiap anggota dewan yang melakukan pelanggaran tata tertib juga telah ditetapkan bersama saat pembahasan," kata dia.

Dia berharap setiap anggota DPRD semakin aktif melaksanakan tanggung jawab sesuai tugas masing-masing.

"Selain itu diharapkan anggota DPRD mentaati tata tertib terutama untuk hadir dalam rapat-rapat agar bisa memberikan pandangan dan masukan terkait hal yang tengah dibahas," ujar Sigit.