DPRD optimis Pemkab Bartim mampu tingkatkan pendapatan daerah

id DPRD Bartim,pemkab bartim, tingkatkan pendapatan daerah,DPRD optimis Pemkab Bartim mampu tingkatkan pendapatan daerah

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ariantho S Muler. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ariantho S Muler mengatakan, DPRD secara kelembagaan mendukung penuh terhadap upaya pemerintah setempat meningkatkan pendapatan daerah.

"Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bartim yang kita dukung dalam meningkatkan pendapatan daerah adalah mengajukan Raperda perubahan Perda nomor 6 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha," kata Ariantho S Muller kepada Antara Kalteng usai memimpin sidang paripurna I masa sidang III di Tamiang Layang, Senin.

Menurut politisi muda dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia itu, Pemerintah Kabupaten Bartim berupaya memperbaiki pendapatan daerah, dengan dimulai dari perbaikan Perda sebagai landasan hukumnya nanti.

Dukungan DPRD juga dilengkapi dengan dukungan dari fraksi pendukung dewan yang menyatakan siap bekerjasama dengan menyampaikan pemandangan umum fraksi dan akan melakukan pembahasan lebih lanjut.

Arianto optimis, dengan adanya pembaharuan payung hukum pendapatan bisa ditingkatkan, terutama di sektor retribusi.

Untuk itu, DPRD Bartim akan mendukung semaksimal mungkin agar pengajuan Raperda tentang perubahan Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha bisa diselesaikan akhir Nopember 2018.

"Mudah-mudahan di tahun 2019 bisa diterapkan dengan maksinal dan mendongkrak pendapatan daerah," katanya.

Pendapatan yang besar bisa menopang pembangunan yang baik dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

Untuk itu, Ariantho meminta kepala daerah untuk serius menyiapkan perangkat pelaksana pada tiap SOPD untuk melakukan ketentuan Perda nantinya.

"Retribusi bisa ditarik dari sektor sewa alat berat hingga pengelolaan pasar yang ada di Kabupaten Bartim. Kita optimis pendapatan daerah bisa meningkat dengan adanya payung hukum dan kesungguhan serta kesigapan perangkat aparatur pelaksana pendapatan daerah," demikian Ariantho.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar