Anggaran sepak bola putri ditingkatkan pihak UEFA

id uefa,sepak bola putri,anggarn,tingkatkan

Anggaran sepak bola putri ditingkatkan pihak UEFA

Ilustrasi (UEFA.org)

Jakarta  (Antaranews Kalteng) - Organisasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akan meningkatkan anggaran untuk proyek pengembangan sepak bola putri di seluruh Eropa sebesar 50 persen mulai 2020 mendatang..

Sebagai bagian dari skema yang disebut "Hattrrick" untuk menyediakan bantuan kepada 55 anggota asosiasi, Program Pengembangan Sepak Bola Putri saat ini membayar 100.000 euro (115.830 dolar AS) per tahun untuk setiap negara anggota untuk proyek-proyek pengembangan tersebut. Jumlah tersebut akan naik menjadi 150.000 euro.

"Potensi sepakbola putri tidak terbatas dan atas dasar pemikiran ini, UEFA telah mengambil langkah untuk meningkatkan pendanaan yang tersedia bagi negara anggota untuk membantu meningkatkan permainan kelompok putri," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin, sebagaimana dikutif Reuters

"Meningkatkan partisipasi dan peran perempuan dalam sepakbola telah menjadi salah satu tujuan utama saya, baik sebelum dan sesudah saya menjadi presiden UEFA," katanya.

Sejak terpilih pada 2016, Ceferin telah mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan sepakbola putri di Eropa, termasuk memisahkan final Liga Champions mulai 2019 dan seterusnya, dua event yang sebelumnya digelar di kota yang sama.

Final Liga Champions Putri tahun depan akan dipentaskan di Budapest, sementara versi putri akan digelar di Madrid.

UEFA juga mencatat pemecahan rekor Piala Eropa Putri 2017 di Belanda dalam hal jumlah penonton di stadion dan pemirsa TV.

Program HatTrick didanai dari penghasilan dari kejuaraan Eropa putra dan telah menginvestasikan lebih dari 1,8 miliar euro untuk pertandingan sejak sejak 2004, kata UEFA.

UEFA menambahkan bahwa program tersebut telah membantu sejumlah negara anggotanya untuk membangun pusat pelatihan nasional serta mengembangkan proyek-proyek akar rumput.