Pemkab Barsel susun rencana pembangunan industri kabupaten

id pemkab barsel,susun rencana,industri,Pemkab Barsel susun rencana pembangunan industri kabupaten

Pemkab Barsel susun rencana pembangunan industri kabupaten

Asisten II Setda Barito Selatan, Endang Chandra Mulya saat memimpin rapat penyusunan rencana pembangunan industri kabupaten (RPIK).(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan penyusunan rencana pembangunan industri kabupaten (RPIK).

"Penyusunan ini dalam upaya menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014," kata Asisten II Setda Barito Selatan, Endang Chandra Mulya, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, penyusunan ini sebagai upaya awal membangun sektor industri di kabupaten Barito Selatan secara komprehensif, efektif, dan berkelanjutan.

"Tujuan dari penyusunan RPIK 2018-2023 ini, agar terjalin sinergitas arah pembangunan sektor industri nasional dan daerah," katanya.

Penyusunan tersebut, kata dia, dilakukan agar arah pembangunan sektor industri daerah bisa berjalan dengan efektif, dan terarah.

"Hal itu untuk mengefisiensi penggunaan, dan pengelolaan sumber daya untuk pembangunan sektor industri, termasuk hilirisasi sektor industri," ucapnya.

Sedangkan sasaran dari penyusunan ini agar pembangunan industri daerah ini nantinya bisa berjalan dengan optimal.

"Disamping itu juga untuk pengurangan dampak lingkungan akibat pembangunan sektor tersebut, dan kesemuanya itu dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Penyusunan ini merupakan kajian awal dalam pengembangan industri untuk mempersiapkan pola ruang kabupaten dan sarana serta infrastrukturnya sehingga kedepannya dapat dilakukan Pembangunan kawasan industri (KI), dan sentra industri kecil, dan menengah (SIKM).