Tingkatkan partisipasi pemilih, Bupati Bartim ajak warga cek DPT

id Bupati Bartim ajak warga cek daftar pemilih,Ampera,pemilu 2019

Tingkatkan partisipasi pemilih, Bupati Bartim ajak warga cek DPT

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (kanan) menyerahkan KTP untuk dicek apakah susah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019 di Posko GMHP di Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Rabu (17/10/18). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Daptar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019.

"Saya sudah mencek tadi dan saya sudah terdaftar sebagai pemilih di TPS 6 Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur," Kata Ampera AY Mebas usai mengunjungi Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di kantor Desa Matabu, Rabu.

Untuk itu, Ampera mengintruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Bartim menjadi pelopor bagi masyarakat, untuk mencek data diri sebagai pemilih pada pemilu 2019.

Tujuannya untuk mensukseskan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden nanti.

"Mari mencek diri kita di Desa dan Kelurahan masing-masing, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum," ajaknya.

Menurutnya, mencek diri sebagai pemilih pada Pemilu adalah bagian dari kewajiban sebagai warga negara yang baik untuk memilih siapa yang terbaik dalam Pemilu 2019.

Ampera berharap, bagi warga yang sudah mencek namun belum terdaftar sebagai pemilih agar sesegera mungkin mendaftarkan data diri pada posko-posko GMHP di tiap Desa dan Kelurahan yang sudah disediakan Pemerintah melalui KPU Bartim.

Jika tidak terdaftar, pada umumnya akan terjadi permasalahan setelah Pemilu berlangsung. Hal tersebut terjadi karena tidak mengecek data diri sebagai pemilih sebelum pesta demokrasi berlangsung. 

Dengan adanya GMHP oleh KPU Bartim, maka diharapkan Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 nanti bisa berjalan lancar, tertib, aman dan damai, serta tidak ada lagi permasalahan DPT setelah Pemilu berlangsung.

"Pemilu yang lancar, tertib, aman dan damai adalah harapan kita semua. Untuk itu, sekali lagi saya harapkan bagi warga yang belum terdaftar bisa mendaftarkan diri segera ke posko pelayanan GMHP," demikian Ampera.