Antisipasi bencana, seluruh desa di Seruyan dibentuk tim relawan

id kabupaten seruyan,bpbd seruyan, Agung Sulistiyo

Antisipasi bencana, seluruh desa di Seruyan dibentuk tim relawan

Tim gabungan terdiri dari BPBD Seruyan dan instansi terkait lainnya saat melakukan pemadaman kebakaran lahan di sekitar Kuala Pembuang beberapa waktu lalu. (Foto BPBD Seruyan)

Kalau hanya berharap pada tim kabupaten maka kami akan kesulitan, karena luasnya wilayah Seruyan dan tidak semua daerah memiliki akses yang mudah untuk dilewati
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Sebagai langkah antisipasi bencana alam yang mungkin terjadi di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat membentuk tim relawan di setiap desa.

Tujuannya adalah untuk mempercepat penanggulangan bencana seperti kebakaran hutan dan lahan maupun banjir di seluruh wilayah kabupaten, kata Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiyo di Kuala Pembuang, Kamis.

"Seruyan memiliki wilayah cukup luas dan tidak semua daerah memiliki akses yang mudah dijangkau. Dengan adanya tim relawan di setiap desa, tentu akan mempermudah serta mempercepat tindakan penanggulangan jika terjadi bencana," ujarnya.

Pembentukan tim relawan ini akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang, namun jika tidak ada kendala secara bertahap akan dimulai lebih awal pada akhir tahun 2018.

Tim yang dibentuk beranggotakan warga desa dan berada dibawah pembinaan dan pengawasan BPBD Seruyan. Nantinya mereka akan dibekali dengan pelatihan dan keterampilan dasar yang diperlukan dalam menanggulangi bencana.

Menurut Agung, jika tim relawan sudah terbentuk dan ada di setiap desa maka penanggulangan bencana dapat dilakukan lebih cepat. Sehingga pada saat terjadi banjir ataupun karhutla tim relawan dapat langsung melakukan tindakan awal sebelum nantinya tim dari kabupaten tiba di lokasi.

"Kalau hanya berharap pada tim kabupaten maka kami akan kesulitan, karena luasnya wilayah Seruyan dan tidak semua daerah memiliki akses yang mudah untuk dilewati," terang dia.

Sebelum rencana pembentukan ini dilakukan perlu sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kemauan dan kesadaran mereka sehingga bersedia berpartisipasi menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya.

Selain itu secara bertahap BPBD Seruyan berupaya melengkapi peralatan seperti mobil, selang dan pompa air sehingga upaya penanggulangan bencana dapat dilakukan secara maksimal oleh tim yang bertugas.

"Meskipun anggota kita memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam menanggulangi bencana, tentu akan sulit jika dilakukan secara manual tanpa adanya peralatan yang memadai," katanya.

BPBD Seruyan sudah mengajukan usulan penambahan peralatan ini, diperkirakan dapat direalisasikan secara bertahap pada tahun 2019 mendatang dan mulai digunakan dalam penanganan bencana selanjutnya.