KP2KP Buntok harap rasio pajak bisa lebih meningkat lagi

id KP2KP Buntok,tax ratio,Kepala KP2KP Buntok Widanarko,KP2KP Buntok harap pajak rasio bisa lebih meningkat lagi

Kepala KP2KP Buntok Widanarko (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kantor Pelayanan Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan tax ratio setoran pajak pada 2018 ini meningkat.

"Kalau tax ratio (rasio pajak) setoran pajak meningkat berarti pelaksanaan pembangunan menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) efektif," kata Kepala KP2KP Buntok Widanarko di Buntok, Jumat.

Widanarko mengatakan, tax ratio ini dapat digunakan sebagai salah satu indikator monitoring, dan evaluasi atas efektifitas pelaksanaan DD/ADD yang menjadi program pemerintah untuk memajukan ekonomi daerah. 

Untuk itu ia mengharapkan pada akhir 2018 mendatang tax ratio  setoran pajaknya bisa lebih meningkat lagi dari tahun sebelumnya.

"Kita mengharapkan tax ratio setoran pajaknya meningkat, atau minimal sama seperti tahun sebelumnya yakni rata-rata lima hingga tujuh persen," ujarnya.

Selain itu ia menyampaikan, untuk total DD dan ADD Barito Selatan pada 2018 ini sebesar Rp 133 miliar yang disalurkan melalui tiga tahap, dan hal tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 7/2018, dan Nomor 20/ 2018 tentang penetapan ADD dan DD Barito Selatan Tahun Anggaran 2018.

"Total pagu dana tersebut mengalami kenaikan kurang lebih sebesar 13 persen dari 2017 yang lalu," ujar Widanarko.

Berdasarkan setoran pajak atas pelaksanaan DD/ADD 2018 hingga 17 Oktober 2018 sudah 100 persen setiap desa sudah ada setoran pajaknya dengan Tax Ratio 1,78 persen.

"Dari Desa di empat kabupaten di wilayah kerja KPP Pratama Muara Teweh, 100 persen dari 86 Desa di wilayah Barito Selatan ini yang sudah menyetorkan pajaknya" ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih, dan apresiasi atas sinergi antara Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Muara Teweh, dan KP2KP Buntok bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dalam melakukan monitoring atas setoran pajak DD/ADD.

"Dengan adanya monitoring itu, pajak dari Dana Desa, dan Alokasi Dana Desa bisa dibayarkan pihak desa sesuai tahapan," demikian Widanarko

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar