Sebanyak 210 calon Kades di Gumas ditetapkan

id kabupaten gunung mas,pilkades di gumas,calon kades di gumas 2018,Kepala DPMD Kabupaten Gumas,Yulius Agau,Wakil Bupati Gumas,Rony Karlos

Sebanyak 210 calon Kades di Gumas ditetapkan

Ilustrasi - Pilkades. (Foto Antara Kalteng/Koko Sulistyo)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Sebanyak 59 desa di Kabupaten Gunung Mas yang dijadwalkan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2018 telah melakukan penetapan calon kepala desa (kades). Dari 59 desa tersebut, secara keseluruhan telah ditetapkan calon kades sebanyak 210 orang.

"59 desa telah melakukan penetapan calon kades. Dari 59 desa, ada 210 calon kades dengan rincian 188 orang berjenis kelamin laki-laki dan 22 orang berjenis kelamin perempuan," terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius Agau saat rapat koordinas (rakor) persiapan pemungutan suara Pilkades Serentak 2018 di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati, Rabu (24/10).

Dia mengatakan, sejak beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pencetakan surat suara, yang dimulai sejak tanggal 12 Oktober lalu. Sejauh ini, proses pencetakan surat suara terus dilakukan, dan tersisa untuk beberapa desa saja yang belum selesai. Diperkirakan, pencetakan surat suara telah selesai, Selasa (23/10).

Pihaknya juga telah memberi beberapa perhatian serta hal-hal yang perlu diwaspadai, mulai dari kondisi cuaca baik saat tahapan pendistribusian logistik maupun saat pelaksanaan pemungutan suara 
"Kemungkinan gugatan-gugatan dari calon yang kalah, serta masa pelantikan," kata Yulius.

Sementara itu, Wakil Bupati Gumas Rony Karlos berpesan kepada seluruh panitia, mulai tingkat desa, Kecamatan hingga Kabupaten, agar bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang telah ditentukan.

"Jika ada permasalahan, sebisa mungkin diselesaikan secara musyawarah mufakat mulai dari tingkat desa terlebih dahulu," katanya.

Dia mengatakan, pelaksanaan Pilkades dapat berjalan baik, seperti halnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gumas yang lalu. 

"Kita harapkan kedepan seluruh pihak dapat berpartisipasi agar pelaksanaan Pilkades Serentak 2018 dapat berjalan dengan baik," demikian Rony.