2.500 pemuda Kalteng ramaikan Hari Sumpah Pemuda di Sampit

id 2.500 pemuda Kalteng ramaikan Hari Sumpah Pemuda di Sampit,Ikrar bersama anak bangsa,Kotim,Sampit,Wakil bupati,Taufiq Mukri

2.500 pemuda Kalteng ramaikan Hari Sumpah Pemuda di Sampit

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri memberi ucapan selamat kepada kontingen Kofim yang akan mengikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa, Kamis (25/10/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sekitar 2.500 pemuda akan berkumpul di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur untuk mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2018 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dirangkai dengan Ikrar Bersama Anak Bangsa.

"Peserta berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Saat ini persiapan sudah 95 persen. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, Najmi Fuadi di Sampit, Kamis.

Kegiatan besar ini dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotawaringin Timur. Selain menyiapkan acara, panitia selaku tuan rumah juga mempersiapkan kontingen yang akan ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Najmi menjelaskan, rangkaian acara dimulai pada 27 Oktober diawali senam pagi bersama dan pertandingan bola voli antarkabupaten. Selanjutnya pada malam harinya dilaksanakan malam keakraban dan pencerahan dengah menghadirkan narsumber Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi dan pengusaha nasional asal Kalimantan Tengah H Abdul Rasyid.

"Besok paginya dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa. Kegiatan dilaksanakan di Stadion 29 November Sampit, rencananya dibuka oleh Gubernur H Sugianto Sabran," ujar Najmi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotawaringin Timur, Kaspul Bahri mengatakan, saat ini persiapan terus dilakukan. Kontingen Kotawaringin Timur juga terus mempersiapkan diri agar bisa menampilkan yang terbaik.

"Ada 70 pemuda dari berbagai perguruan tinggi yang mewakili Kotawaringin Timur. Mereka sudah dibina dan dipersiapkan sebagai bekal mereka mengikuti kegiatan nanti," kata Kaspul.

Sementara itu, seremonial pemberangkatan kontingen Kotawaringin Timur dipimpin Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. Penyematan tanda peserta dilakukan dalam sebuah upacara di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

"Mudah-mudahan berjalan lancar. Mudah-mudahan momentum ini mampu meningkatkan semangat perjuangan, kebersamaan, solidaritas antarpemuda, antarsuku, antaragama dan lintas perbedaan lainnya yang bersatu tanpa memandang segala perbedaan," harap Taufiq.

Taufiq berharap kegiatan berjalan lancar dan menjadi contoh terbaik bagi daerah lainnya di Kalimantan Tengah. Taufiq meminta seluruh satuan organisasi perangkat daerah membantu memberi pelayanan terbaik kepada seluruh tamu yang datang dan membuat kegiatan ini menjadi meriah dan semarak.