Seleksi CPNS Kotim belum bisa dimulai besok karena ini

id Seleksi CPNS Kotim belum bisa dimulai besok karena ini,Tes CPNS,Kotim,Sampit,BKD,Badan Kepegawaian Daerah,Alang Arianto

Seleksi CPNS Kotim belum bisa dimulai besok karena ini

Ratusan peserta antre mengambil kartu seleksi CPNS Pemkab Kotim di halaman kantor BKD Kotim. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, yang awalnya direncanakan dimulai Sabtu (27/10) besok, kemungkinan besar belum bisa dilaksanakan.

"Untuk besok (Sabtu), sepertinya belum bisa. Sampai saat ini belum dijadawalkan oleh Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin meski sebelumnya kita ditawarkan tanggal 27 Oktober," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Jumat.

Badan Kepegawaian Daerah terus berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara. Semua data yang diperlukan sudah disampaikan, termasuk rincian peserta yang dinyatakan memenuhi syarat.

Berdasarkan data, tercatat ada 3.087 pelamar yang mendaftar melalui situas panitia nasional. Mereka diwajibkan menyerahkan berkas pendaftaran ke kantor Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur melalui kantor pos.

Hasil verifikasi, dari jumlah tersebut ada 2.931 yang dinyatakan memenuhi syarat atau MS. Jumlah tersebut terdiri dari 1.394 dari pelamar formasi guru, 1.537 dari pelamar tenaga kesehatan dan 1 dari honorer K2. 

Ada 129 pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS, terdiri dari 51 pelamar guru dan 78 tenaga kesehatan. Selain itu ada 4 pelamar yang mengirim berkas namun nama mereka tidak terdaftar pada pusat data pendaftaran online.

Peserta akan bersaing memperebutkan 602 formasi yang tersedia, terdiri 325 formasi bidang pendidikan, 275 bidang kesehatan dan dua formasi pengangkatan honorer K2.

Dari jumlah tersebut, 26 formasi dipastikan tidak terisi, di antaranya formasi guru, dokter gigi, dokter spesialis dan satu formasi honorer K2. Selain karena tidak ada pelamar, penyebab lainnya juga  karena pendaftar tidak memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi.

Panitia menyiapkan 100 unit komputer untuk pelaksanaan tes menggunakan sistem 'computer assisted test' (CAT). Tes kompetensi dasar diperkirakan akan berlangsung selama 11 hari, sedangkan tes kompetensi bakat berlangsung empat sampai lima hari. 

Alang menegaskan, panitia sudah siap melaksanakan seluruh tahapan seleksi. Bahkan Rabu (24/10) lalu panitia mulai membagikan kartu peserta karena panitia memang sudah mempersiapkan semuanya.

Dari 2.931 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat, saat ini masih ada 67 peserta yang belum mengambil kartu ujian. Panitia memberi waktu pengambilan kartu peserta hingga menjelang seleksi kompetensi dasar dimulai, namun pengambilannya tidak boleh diwakilkan.

"Tapi di kartu peserta kemarin tidak ada kami cantumkan jadwal karena memang belum keluar dari Panselnas BKN pusat. Semua sudah siap, tinggal menunggu jadwal dari BKN. Kita lihat Minggu atau Senin. Kalau sudah ada kepastian, secepatnya kami umumkan," ucap Alang.

Jadwal yang dikirim panitia nasional menyebutkan tes kompetensi dasar dimulai 26 Oktober, bersifat tentatif. Alang berharap segera ada jadwal pasti dari BKN sehingga seleksi bisa segera dimulai.

Peserta tidak hanya berasal dari Kotawaringin Timur, tetapi juga dari daerah lain seperti Seruyan, Katingan, Sukamara, Palangka Raya, bahkan ada yang berasal dari Barito Timur dengan menempuh perjalanan belasan jam menuju Sampit.

Alang menyarankan peserta untuk sering memantau website milik Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur. Portal tersebut akan menjadi sarana paling cepat bagi panitia untuk menyampaikan informasi terbaru terkait pelaksanaan seleksi CPNS Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.