Investor negara ini tertarik menanam jagung di Barut

id jagung barito utara,investor australia,bupati nadalsyah

Investor negara ini tertarik menanam jagung di Barut

Bupati Barut H Nadalsyah menerima kunjungan rombongan investor dari Australia di Muara Teweh, Jumat. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Investor asal negara Sydney, Australia tertarik menanamkan investasinya di wilayah Kabupaten Barito Utara,  untuk komoditi tanaman jagung.

"Rencana investasi dari investor yang tergabung dalam PT Rimau Grup ini cukup menarik, mereka tak hanya berencana mengembangkan tanaman jagung, tapi sekaligus menyambungkan mata rantai produksi dengan pemasarannya," kata Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah dengan rencana tersebut peluang pasarnya jadi semakin luas sehingga masuknya investor di daerah ini untuk mengembangkan usaha tani sangat diharapkan. Kedepannya kita berharap petani jagung bisa lebih makmur dan sejahtera.

Kehadiran investor di Kabupaten Barito Utara dapat dipastikan secara nyata memberikan kesempatan lapangan kerja serta dapat memberikan peningkatan pendapatan daerah (PAD) di daerah ini. 

"Namun sebelum beroperasinya investor, diharuskan agar melakukan sosialisasi disekitar wilayah tempat operasional terlebih dahulu," kata Nadalsyah.

Pihak investor melakukan kunjungan di Barito Utara dengan melakukan pertemuan selain dihadiri Bupati Nadalsyah juga didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah Jainal Abidin, Asisten Bidang Pemerintahan Setda setempat  Hendro Nakalelo.

Kedatangan rombongan bersama tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah (PPKB) serta investor jagung yang menanam saham di Kabupaten Barito Utara.

"Kami berkeinginan untuk berinvestasi mengembangkan potensi tanaman jagung di Desa Rimba Sari kilometer 53 Kecamatan Teweh Tengah, sekaligus mengatasi masalah pemasaran produk tani tersebut, didalam daerah maupun luar daerah," kata salah satu perwakilan investor, Jason didampingi Ketua PPKB Laksamana (Purn) Prof Dr Marsetio.

Tanaman jagung merupakan salah satu komodoti unggulan Kabupaten Barito Utara dan merupakan salah satu kabupaten pemasok jagung terbesar untuk pabrik pakan ternak di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.