Wujudkan generasi muda PMI yang handal melalui lomba PMR

id PMI Kota Palangka Raya,Wujudkan generasi PMI baru dan handal melalui lomba PMR,Ketua PMI Kota Palangka Raya Rusliansyah

Wujudkan generasi muda PMI yang handal melalui lomba PMR

Pengurus PMI Kota Palangka Raya dan Provinsi Kalteng melakukan sesi foto bersama usai membuka kegiatan lomba PMR ke XXIII yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Jumat (26/10/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah H Rusliansyah mengatakan, melalui lomba Palang Merah Remaja (PMR) ke XXIII yang digelar di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Jumat (26/10/18) sore, bertujuan untuk mencetak generasi PMI yang handal. 

"Dengan adanya lomba dan pelantikan PMR ke XXIII tingkat madya dan wira, bermaksud agar lahir ragenerasi baru yang berjiwa sosial tinggi untuk menjalankan misi kemanusiaan yaitu membantu masyarakat yang tertimpa bencana dan lain sebagainya," kata H Rusliansyah. 

Ratusan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, tidak hanya diminta piawai dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian yang sudah mereka miliki. 

Melainkan mereka juga diminta meningkatkan tidak hanya masalah korban banjir saja, melainkan masyarakat yang menjadi korban bencana kebakaran hutan dan lahan. 

"Apabila ada bencana alam yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya, maka anggota PMR tersebut sudah siap untuk diturunkan membantu para korban bencana. Hanya saja kami meminta pemerintah setempat agar bisa menyediakan sarana prasarana penunjang di lapangan," bebernya. 

Di lokasi yang sama, Ketua PMI Provinsi Kalteng Suhaemi menambahkan, PMR nantinya tidak hanya diberikan ilmu pengetahuan mengenai masalah PMI saja. 

Ia berusaha memberikan pelatihan tambahan seperti pelatihan dapur umum serta beberapa hal lainnya yang juga sifatnya memberikan bantuan kepada masyarakat, ketika menjadi korban bencana alam. 

"Maksud dan tujuan diberikan pelatihan tersebut, agar anggota PMR ini bisa lebih terampil dan lebih dahulu tampil ketika ada masyarakat yang menjadi korban atas bencana alam. Apalagi mereka sekarang adalah mitranya pemerintah dalam permasalahan sosial," demikian Suhaemi.