Empat sekolah model di Gumas expose SPMI

id Kepala Disdikbud Gumas, HM Rusdi ,kabupaten gunung mas,sma model di gunung mas,gumas

Empat sekolah model di Gumas expose SPMI

Kepala Disdikbud Gumas, HM Rusdi saat mengunjungi stand pameran SDN Kurun 3. (ist)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) – Sebanyak empat sekolah model yang ada di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan Expose Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dipusatkan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kurun, Jumat (26/10) . 

Keempat sekolah yang ekspose tersebut SMKN 1 Kurun, SMAN 1 Kahayan Hulu Utara, SMPN 1 Tewah, dan SDN 3 Kurun, kata ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gumas HM Rusdi di Kuala Kurun, kemarin.

"Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) harus menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu secara sistematik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri," tambahnya.

Sekolah model bersama Disdikbud hendaknya dapat bersama-sama melakukan pemetaan mutu pendidikan yang didukung oleh Pengawas Pembina Sekolah, serta bantuan Fasilitator Daerah (Fasda), sehingga dapat menambah sekolah model dan sekolah imbas baru.

Rusdi mengatakan, sekolah model tidak dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya tanpa peran serta dan dukungan seluruh pemangku kepentingan, dalam mengawal pemenuhan delapan standar nasional pendidikan (SPN). 

"Kita harus memastikan bahwa seluruh proses pendidikan sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan," katanya.

Ia pun mengajak, para peserta kegiatan Expose sekolah model yang merupakan kegiatan publikasi program implementasi SPMI di setiap sekolah model kepada para pemangku kepentingan yang bertujuan untuk mensosialisasikan proses. “Dan hasil pelaksanaan SPMI di setiap sekolah model dengan hasil, produk, atau dokumentaso terkait dengan pelaksanaan SPMI di tiap sekolah model,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kurun Ari Sulistyorini mengatakan bahwa Expose ini ditujukan untuk memamerkan kegiatan SPMI kepada sekolah sekitarnya. 

"Langkah tersebut dilakukan agar mereka lebih paham dan dapat melaksanakan sekaligus menerapkan secara optimal SPMI di sekolahnya masing-masing," kata Ari.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar