Pemkab Kotim evaluasi capaian prestasi di Porprov Kalteng

id Pemkab Kotim evaluasi capaian prestasi di Porprov Kalteng,Sampit,KONI,Olahraga,Porprov,Supian Hadi

Pemkab Kotim evaluasi capaian prestasi di Porprov Kalteng

Bupati Kotim H Supian Hadi. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengevaluasi capaian prestasi, khususnya perolehan medali pada Pekan Olahraga Provnsi (Porprov) XI Kalteng tahun 2018.

Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi di Sampit, Rabu mengatakan, evaluasi bukan untuk mencari kesalahan atau kelemahan cabang olahraga, namun untuk mencari solusi agar kedepannya bisa lebih baik dari sekarang.

Saat Porprov XI Kalteng 2018 yang di gelar di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), kontingen Kabupaten Kotawaringin Timur berada pada peringkat III dengan perolehan medali 42 emas, 44 perak dan 68 perunggu.
Sedangkan di peringkat II yaitu tuan rumah Barito Utara dengan perolehan medali, 42 emas, 47 perak dan 42 perunggu. Peringkat I daih oleh Kota Palangka Raya dengan 83 emas, 65 perak dan 53 perunggu.

"Kami ucapkan banyak terima kasih atas perjuangan seluruh atlet sehingga kita berada pada peringkat III pada Porprov Kalteng XI 2018. Itu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa," tambahnya.

Supian Hadi mengaku puas meski berada pada peringkat III. Menurutnya, kemenangan itu seperti juara umum karena hasil yang diraih murni perjuangan atlet Kotawaringin Timur dan tidak ada yang sewaan.

"Meski pada Porprov XI Kalteng 2018 target kita tidak tercapai, namun saya sangat bangga. Dan yang jelas peringkat kita membaik dibandingkan pada Porprov sebelumnya," terangnya.

Supian Hadi mengatakan, ada beberapa faktor sehingga perolehan medali Kabupaten Kotawaringin Timur tidak maksimal, salah satunya karena atlet daerah lain merupakan atlet sewaan yang sudah profesional. Selain itu, ada beberapa cabang olahraga yang memang tidak diikuti.

"Cabang olahraga yang tidak kita ikuti tersebut seperti renang, dan sepatu roda, padahal di dua cabang olahraga tersebut banyak medali yang diperebutkan," ucapnya.

Supian Hadi berharap pada pelaksanaan Porprov Kalteng 2022 mendatang, Kabupaten Kotawaringin Timur dapat mengikuti seluruh cabang olahraga tersebut, sehingga raiahan medali bisa lebih banyak.

"Cabang olahraga yang belum ada atlet tersebut mulai sekarang akan dipersiapkan, sehingga pada empat tahun kedepan sudah bisa dipastikan dapat medali," tegasnya.

Supian Hadi mengatakan, pelaksanaan Porprov XII Kalteng 2022, Kabupaten Kotawaringin Timur berharap bisa menjadi tuan rumah.

"Memang masih belum ada kepastian, namun kami akan terus mengajukan ke Pemprov Kalteng agar Kabupaten Kotawaringin Timur nantinya bisa menjadi tuan rumah Porprov," ungkapnya.