Menggugah kepedulian melalui peringatan Hari Pangan Sedunia

id Menggugah kepedulian melalui peringatan Hari Pangan Sedunia,Sukamara,Wakil bupati,Ahmadi

Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi saat menyerahkan secara simbolis  bantuan Alsintan. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Sukamara Kalimantan Tengah H Ahmadi AH mengatakan Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun untuk memerangi kemiskinan, kelaparan, kerawanan pangan dan kekurangan gizi, dengan penyediaan pangan yang cukup melalui pengelolaan dan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan. 

“HPS ini diharapkan dapat menggugah kepedulian kita terhadap masalah pangan dan kedaulatan pangan, yakni bangsa dapat menjamin seluruh penduduknya memperoleh pangan dalam jumlah yang cukup, kualitas yang layak, aman yang didasarkan pada optimasi pemanfaatan dan berbasis pada keragaman sumberdaya domestik,” kata Ahmadi usai acara peringatan HPS di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Rabu.

Ahmadi mengatakan, fokus perhatian harus dimulai dari  rumah tangga, agar kemampuannya dalam menyediakan bahan pangan  dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan potensi sumber daya di sekitarnya. Pemerintah juga terus berupaya membangun infrastruktur dan fasilitasi pendukung faktor produksi pangan lainnya.

Masyarakat harus didorong mengubah pola konsumsi pangan dengan lebih meningkatkan asupan buah-buahan, sayuran, daging dan ikan, serta mengurangi porsi beras sebagai sumber karbohidrat.

Agenda rutin berupa lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang dilaksanakan pemerintah daerah merupakan bentuk program aksi untuk mempercepat penerapan pola konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman. 

Ahmadi berharap, kondisi yang kondusif saat ini dapat dipertahanankan di masa-masa yang akan datang. Perlu kerja keras para petani, nelayan, peternak, pekebun, para penyuluh lapangan dan semua pihak yang telah bersatu padu melakukan upaya-upaya dalam menjaga sekaligus meningkatkan stabilitas ketahanan pangan wilayah Sukamara.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras para petani, nelayan, peternak, pekebun, para penyuluh lapangan dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, yang telah bersatu padu melakukan upaya-upaya dalam menjaga sekaligus meningkatkan stabilitas ketahanan pangan,” ucap Ahmadi

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Irlan Khodriansyah mengatakan, pucak Hari Pangan Sedunia ke-38 tingkat Kabupaten Sukamara diisi dengan berbagai kegiatan. Selain melaksanakan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), juga dilakukan penyerahan bantuan alat produksi pertanian dan kegiatan lainnya.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar