Tiga sekolah menjadi tempat tes CPNS

id tes cpns,tes cat,pemkab barito utara

Tiga sekolah menjadi tempat tes CPNS

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara H Jainal Abidin memberikan sambutan saat pembekalan tes CPNS di arean terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Minggu. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menyediakan tiga lokasi untuk pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil menggunakan sistem 'Computer Assisted Test' (CAT).
    
"Tes CAT dengan seleksi kompetensi dasar (SKD) dilaksanakan mulai Senin (5/11)," kata Sekretaris Daerah pemkab Barito Utara (Barut) Jainal Abidin disela-sela pembekalan dan penelasan SKD di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Minggu.

Menurut Jainal, tes CPNS ini dengan sistem CAT tersebut dilaksanakana SMAN 1 Muara Teweh, SMAN 2 Muara Teweh dan SMKN 1 Muara Teweh.

Untuk pelaksanaan tes dengan menggunakan sistem CAT ini, total keseluruhan komputer yang akan digunakan sebanyak 250 unit. 

"Dari total semua unit komputer ini, sebanyak 200 akan digunakan untuk pelaksanaan tes CPNS sementara sisanya merupakan cadangan," katanya didampingi Kasubid Formasi BKPSDM Ira Akhmadi.

Jainal  mengatakan untuk pengambilan nomor peserta tes CPNS telah dilakukan sejak Kamis hingga Sabtu (1-3/11) di Badan KPSDM setempat. Dan pada hari Minggu akan dilaksanakan pembekalan terhadap peserta. Sementara tes akan dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada hari Senin (5/11) dengan empat sesi.

Untuk suksesnya pelaksanaan tes CPNS yang dilaksanakan di daerah ini, pihak Badan KPSDM juga sudah berkoordinas dengan pihak PLN supaya saat tes nanti tidak terjadi pemadaman listrik. 

"Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di setiap tempat pelaksanaan tes misalnya terjadi pemadaman listrik dikarenakan sesuatu hal lainnya juga  mesin generator (genset)," kata dia.

Selain itu pula kata Jainal panitia penyelenggara telah berkoordinasi dengan pihak Telkom sehubungan dengan kelancaran jaringan internet. Dalam tes CPNS dengan sistem CAT ini, juga sangat tergantung dengan akses internet.

Pendaftar CPNS di Kabupaten Barito Utara ini akan memperebutkan sebanyak 258 formasi dengan penempatan di desa-desa. Formasi penerimaan CPNS sesuai dengan kebutuhan pegawai daerah itu. 

"Disetujui pemerintah pusat yakni tenaga pendidik atau guru sebanyak 137 orang, tenaga kesehatan 118 orang dan ditambah 3 formasi khusus eks tenaga honorer K2," ujarnya.