Grup paduan suara Indonesia juarai perlombaan internasional

id Paduan Suara,Indonesia Juara,Grup Paduan Suara

Grup paduan suara Indonesia juarai perlombaan internasional

Ilustrasi Grup Paduan Suara (https://pixabay.com/)

Rasa bangga dan senang pun ditunjukkan oleh seluruh peserta dari Indonesia yang secara serempak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
London (Antaranews Kalteng) - Indonesia mendominasi juara Kompetisi Paduan Suara di Ceko dimana Tim Paduan Suara "Swara Darmagita" dari Universitas Gunadarma menjadi Juara Umum pada Kompetisi Paduan Suara Internasional "Praga Cantat" yang digelar di Praha 2-3 November 2018.

Pensosbud KBRI Praha Punjul Setya Nugraha kepada Antara London, Minggu mengatakan Tim Universitas Gunadarma memenangkan "Grand Prix", sebagai juara umum, pada putaran final Praga Cantat mengalahkan lima tim lainnya yang juga masuk ke putaran final.

Pada putaran final, Paduan Suara Universitas Gunadarma menyajikan komposisi "Hela Rotane" dan "Bungong Jeumpa".

Tidak hanya memenangkan Grand Prix sebagai juara umum, Paduan Suara Univesitas Gunadarma juga memenangkan kategori Folklor, medali emas untuk kategori mixed choir, dan penghargaan khusus untuk interpretasi lagu wajib "Deus ex Machina" gubahan Jakub Neske.

Punjul Setya Nugraha mengatakan selain paduan suara Universitas Gunadarma, tiga tim paduan suara lainnya dari Indonesia turut serta dalam kompetisi Praga Cantat, yaitu Paduan Suara "Satya Dharma Gita" dari Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Paduan Suara Universitas Pancasila, dan Yamuger Music School Children's Choir.

Dikatakannya keempat tim paduan suara Indonesia juga mendominasi kompetisi dengan memenangkan sejumlah medali di sebagian besar kategori yang dipertandingkan.

Paduan Suara Fakultas Hukum Undip mendapatkan tiga medali emas, masing-masing pada kategori folklor, kategori youth choir, female choir,  dan penghargaan khusus untuk interpretasi lagu rakyat dan penghargaan khusus interpretasi lagu.

Paduan Suara Universitas Pancasila memperoleh medali emas pada kategori youth choir, medali perak pada kategori folklore, dan penghargaan khusus untuk interpretasi lagu "Canticum novum" gubahan Ivo Antogini.

Sementara Yamuger Music School Children's Choir, beranggotakan anak-anak usia 8 - 15 tahun, juga mendapatkan medali dan penghargaan pada berbagai kategori, yaitu medali perunggu pada kategori youth choir dan penghargaan khusus pada kategori ekspresi paling simpatik.

Menurut Punjul Setya Nugraha, malam penghargaan, menjadi ajang pengumuman pemenang, seperti dikuasai Indonesia. Nama Indonesia disebut hampir di seluruh kategori dan penghargaan khusus yang diberikan.

"Rasa bangga dan senang pun ditunjukkan oleh seluruh peserta dari Indonesia yang secara serempak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Mereka juga membentangkan bendera merah putih. Sontak, sasana tempat berlangsungnya acara di National House of Vinohrady, Praha, seolah menjadi milik mereka," ujarnya.

Aksi spontan anggota keempat tim paduan suara Indonesia ini pun mendapat tepuk tangan meriah dari penonton dan juga peserta negara lain.

Dubes RI untuk Ceko, Aulia Rachman menyatakan prestasi yang ditorehkan Paduan Suara Universitas Gunadarma dengan menjadi juara utama dan juga prestasi tim paduan suara lainnya dari Indonesia, semakin mengukuhkan Indonesia sebagai jawara paduan suara di Ceko.

Hal ini, menurut Dubes, menunjukkan generasi penerus Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengharumkan nama Indonesia.

"Saya selalu senang dan bangga bahwa anak-anak muda mampu tampil di kancah internasional dan mengharumkan nama Indonesia. Diharapkan putra putri Indonesia terus berkarya mengharumkan nama Indonesia. Di tangan mereka, saya yakin Indonesia akan menghadapi masa depan yang gemilang," ujarnya.

Praga Cantat adalah kompetisi paduan suara internasional yang diselenggarakan setiap tahun di Praha. Tahun 2018 penyelenggaraan yang ke-31 dan diikuti 28 kelompok dari 13 negara.

Baca juga: Wakil Barut juara lagu daerah tingkat nasional