Tes CAT CPNS di Seruyan akhirnya ada kepastian, ini jadwalnya

id kabupaten seruyan,cpns seruyan,cpns 2018,Kepala BKPSDM Seruyan,Hartono ,jadwal tes cat cpns seruyan

Tes CAT CPNS di Seruyan akhirnya ada kepastian, ini jadwalnya

Panitia seleksi sedang melayani peserta ujian tes seleksi CPNS tahun 2018 yang ingin mengambil kartu ujian, Kuala Pembuang, Senin, (5/11/2018). (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Perubahan jadwal dan sistem pelaksanaannya sudah kami umumkan, sehingga peserta ujian dapat mempersiapkan diri dengan matang
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, memastikan tes seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 digelar Sabtu (10/11).

"Kepastian tes Computer Assisted Tes (CAT) itu sesuai keputusan akhir dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang kami terima, yaitu ujian akan dilaksanakan mulai hari Sabtu di aula kantor BKPSDM yang berada di Kuala Pembuang," kata Kepala BKPSDM Seruyan Hartono di Kuala Pembuang, Senin.

Sesuai keputusan itu maka tes CAT CPNS di Seruyan dilaksanakan selama enam hari, terhitung sejak 10 hingga 15 November 2018. Dalam satu harinya akan ada enam sesi ujian yang berlangsung dari jam 08.00 WIB - 20.00 WIB.

Awalnya BKPSDM merencanakan sebanyak 5 sesi ujian dalam satu hari, namun perubahan terpaksa dilakukan karena tim dari BKN hanya memiliki waktu maksimal selama 6 hari di Seruyan.

Dia menjelaskan, perubahan terpaksa dilakukan karena menyesuaikan waktu yang dimiliki tim BKN. Dalam satu sesi ujian akan diikuti sebanyak 60 orang peserta yang sudah dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya.

"Perubahan jadwal dan sistem pelaksanaannya sudah kami umumkan, sehingga peserta ujian dapat mempersiapkan diri dengan matang. Selain itu bagi peserta yang berasal dari luar daerah akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan perjalanan ke Kuala Pembuang," tutur Hartono kepada Antara Kalteng.

Sementara itu batas akhir pengambilan kartu ujian ditetapkan pada 8 November 2018 mendatang. Peserta diminta mengambil kartu secara langsung dan tidak diwakilkan oleh orang lain untuk mencegah penyalahgunaan ataupun kesalahan lainnya.

Menurutnya, pengambilan kartu ujian oleh orang lain dapat dilakukan namun pihaknya tidak dapat langsung mengesahkan kartu yang diambil. Pengesahan kartu hanya dilakukan apabila kartu tersebut dipegang oleh peserta ujian.

Tim dari BKN sudah mengecek kesiapan perangkat komputer yang akan digunakan untuk tes kompetensi dasar dengan 'computer assisted test' atau CAT yang ada di BKPSDM Seruyan pada Minggu (4/11). Baik jaringan internet maupun listrik sudah dipastikan keamanannya untuk melaksanakan ujian.

"Kami sudah berkoordinasi dengan semua instansi terkait termasuk PLN agar dapat menjamin kelancaran suplai listrik ke BKPSDM selama ujian berlangsung. Sehingga peserta dapat mengikuti ujian dengan lancar tanpa mengalami gangguan," kata Hartono.

Sebanyak 2.125 peserta tes seleksi CPNS tahun 2018 Seruyan akan bersaing selama enam hari lamanya agar terpilih untuk mengisi sebanyak 281 formasi yang tersedia. Meliputi formasi khusus untuk K2, formasi lulusan cumlaude, formasi khusus disabilitas serta formasi umum yakni tenaga kesehatan, pendidikan dan teknis.