Bupati Lamandau menilai pembangunan desa di Kecamatan Bulik sudah lebih baik

id kabupaten lamandau,bupati lamandau,hendra lesmana,desa di lamandau

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (dua dari kanan) menyerahkan bantuan keuangan khusus untuk pengadaan TKD sebesar Rp40 juta, Senin (5/11/18). (Foto Antara Kalteng/Koko Sulistyo)

meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang bermoral, religius dan aman berdasarkan nilai-nilai kearifan budaya lokal
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Sebagai salah satu bentuk dan wujud tanggung jawab pemerintah terhadap kondisi terkini masyarakat di Kabupaten Lamandau, Bupati Hendra Lesmana bersama jajarannya melaksanakan kunjungan kerja dan syukuran ke  Desa Bunut, Kecamatan Bulik, Kabupaten setempat.

Kunjungan kerja bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi riil perkembangan pembangunan desa-desa, khususnya yang ada di Kecamatan Bulik, kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat membacakan sambutan dihadapan para Kepala Desa, Camat, Forkompinda, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat, Kemarin.

"Seperti kita ketahui pembangunan desa-desa di Kecamatan Bulik, sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Lamandau dan hal itu sangat wajar karena Kecamatan Bulik berstatus ibukota Kabupaten," ujarnya.

Meskipun demikian, Hendra menilai masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan yang perlu mendapat perhatian demi perkembangan kedepannya. Untuk itu agar percepatan pembangunan dapat terwujud pemerintah daerah perlu bersinergi dengan seluruh masyarakat untuk mendukung visi miis Kabupaten Lamandau 2018 - 2023.

Dia mengatakan visi bergerak cepat membangun Kabupaten Lamandau dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Lamandau Juara dibarengi dengan misi mewujudkan tata kelola yang baik dan bebas KKN, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan dan kelestarian lingkungan hidup serta meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas untuk pemerataan pembangunan.

"Selain itu juga dengan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang bermoral, religius dan aman berdasarkan nilai-nilai kearifan budaya lokal," tegasnya.

Kemudian kata dia, dari visi misi tersebut ada beberapa program yang langsung bersentuhan dengan pemerintahan desa diantaranya program satu desa lima guru dan beasiswa satu desa dua tenaga kesehatan serta satu desa satu Bumdes yang saat ini sedang terus digenjot implementasinya.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu juga menekankan terkait dengan pengelolaan keuangan desa agar kepala desa memperhatikan prosedur pengelolaannya mulai tahap perencanaan hingga pertanggungjawaban.

"Saya juga berharap agar desa dapat menganggarkan kegiatan yang sifatnya produktif dan investasi dan kegiatan tersebut harus melibatkan peran serta masyarakat yang bertujuan agar dapat menciptakan lapangan kerja selain itu juga agar semua desa segera menetapkan lokasi Tanah Kas Desa (TKD)," demikian Hendra.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lamandau menyerahkan bantuan keuangan khusus untuk pengadaan Tanah Kas Desa (TKD) sebesar Rp40 juta kepada masing-masing desa.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar