Puluhan guru SD di Barsel ikuti SIMPKB

id kabupaten barito selatan,barsel,Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan,DR Manat Simanjuntak

Sejumlah Guru Sekolah Dasar (SD) saat mengikuti kegiatan Sistem Informasi Managemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, di Buntok, Senin (5/11/18). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng)- Sebanyak 70 guru sekolah dasar di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan Sistem Informasi Managemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan DR Manat Simanjuntak di Buntok, kemarin, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi kepada guru meningkatkan wawasan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Jadi terbangun komitmen guru kelas untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, serta menguatnya profesi guru sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat," ucapnya.

Hal tersebut lanjut dia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14/ 2005 tentang Guru, dan Dosen yang menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

"Peningkatan kompetensi, dan kemampuan profesional guru menjadi salah satu ranah kebijakan pemerintah di bidang pendidikan," ujar Manat Simanjuntak.

Menurut dia, kebijakan ini dibuat sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia pendidikan Indonesia agar mampu bersaing dalam era global.

Oleh karena itu, berbagai kegiatan yang bertujuan mendorong motivasi guru meningkatkan kompetensinya perlu terus diselenggarakan.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, guru SD bisa lebih profesional, dan lebih berperan aktif dalam mewujudkan Pendidikan yang merata, serta berkualitas di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini kedepannya.

Sementara Kabid Ketenagaan, Haderiani menyampaikan, jumlah guru Sekolah Dasar (SD) yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 70 orang.

"Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya kompetensi profesional, dan pedagogik guru kelas," ujarnya.

Sedangkan narasumber dari kegiatan ini dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalteng. Acara Sistem Informasi Managemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB) tersebut diikuti sejumlah guru Sekolah Dasar di wilayah setempat.*

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar