Kades baru diminta ingat dan jalankan visi-misinya

id kabupaten gunung mas,gumas,dprd gumas,dprd kabupaten gunung mas,Untung J Bangas

Anggota DPRD Gumas Untung J Bangas. (Istimewa)

Jangan ada arogansi, karena jabatan seorang Kades itu adalah amanah dari masyarakat yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin
Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Untung J Bangas ingatkan seluruh kepala desa baru, harus mengingat dan menjalankan visi-misi yang pernah disampaikan kepada masyarakat.

"Apalagi jika visi-misi tersebut berkaitan dengan kepentingan masyarakat setempat. Artinya, visi dan misi tersebut mesti dilaksanakan. Khususnya yang menyentuh kehidupan warga desa setempat," kata Untung di Kuala Kurun, Rabu.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, jangan sampai nantinya Kades terpilih malah mementingkan diri sendiri, keluarga, dan kelompoknya saja. Kades juga harus bersikap profesional dalam melaksanakan tugas, dan dibantu perangkatnya dan tentunya bersinergi pula dengan pihak Badan Permusyaratan Desa (BPD).

'Dengan sikap yang adil dan harmonis itu pembangunan di desa akan berjalan dengan maksimal dan tepat guna," ucapnya.

Menurut dia, sinergisitas dengan pihak BPD tersebut sangat diperlukan untuk menentukan arah kemajuan desa setempat. Karena, ketika hubungan Kades dengan BPD tidak harmonis maka akan berdampak negatif untuk kemajuan desa itu sendiri.

"Jangan ada arogansi, karena jabatan seorang Kades itu adalah amanah dari masyarakat yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Sinergisitas itu penting, termasuk dengan Calon Kades yang kalah dalam Pilkades," kata Untung.

Anggota DPRD Gumas itu juga mengingatkan, para Kades harus cermat atau berhati-hati dlam pengelolaan dan penggunaan Dana Desa (DD), maupun Anggaran Dana Desa (ADD). Apalagi, aparat penegak hukum saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan pengelolaan keuangan lainnya.

"Jangan sampai nantinya malah terjerat kasus korupsi. Nah, itu yang harus diwaspadai dan jangan sampai dilakukan. Apalagi, kesejahteraan Kades dalam hal gaji sekarang juga sudah
membaik," tandasnya.

Diharapkan pula Kades dapat mengembangkan potensi yang ada di adaerahnya. Artinya, Kades aktif dalam menggali potensi yang di desanya.

"Nah, itu nanti misalnya ditemukan maka bisa dikelola dan dikembangan, tentunya untuk kesejahteraan warganya," demikian Untung J Bangas yang akan kembali maju pada perhelatan Pileg 2019 mendatang.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar