144 calon haji Barsel segera diperiksa kesehatannya

id Barito Selatan,Kabupaten Barsel,Calon Haji Barsel

Jajaran Kementerian Agama Barito Selatan melakukan pemaparan saat pertemuan dengan 144 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 2019 mendatang. (Foto Antara Kalteng / Bayu Ilmiawan)

Jadwal pemeriksaannya setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB di Puskesmas Dusun Selatan
Buntok (Antaranews Kalteng) - Kantor Kementrian Agama Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah menjadwalkan waktu pemeriksaan tahap pertama bagi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 2019 mendatang.

"Pemeriksaan tersebut dilakukan sejak dini untuk melihat kondisi kesehatan calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 2019 mendatang," kata Kasi Penyelenggaraan Haji, dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, H. Arbaja, di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi calon haji Barito Selatan ini memang sengaja dijadwalkan sejak jauh-jauh hari. Tujuannya apabila dalam pemeriksaan ini ada yang ditemukan penyakit yang tidak boleh untuk berangkat haji, maka akan segera dilakukan perawatan sehingga penyakitnya bisa sembuh sebelum mereka diberangkatkan pada 2019 mendatang

Pemeriksaan awal ini akan dilakukan di Puskesmas Dusun Selatan, setiap hari ditargetkan sebanyak kurang lebih 20 orang diperiksa kesehatannya.

"Jadwal pemeriksaannya setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB di Puskesmas Dusun Selatan," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya juga ingin memastikan siapa saja yang siap berangkat, dan siapa saja yang menunda keberangkatan. Selain itu untuk jumlah calon jamaah haji Barito Selatan yang akan diberangkatkan pada 2019 mendatang sebanyak 144 orang.

Jumlah calon jamaah haji dari kecamatan Dusun Selatan sebanyak 68 orang yang terdiri dari 29 laki-laki, dan 39 perempuan.

"Dari Kecamatan Dusun Utara sebanyak enam orang yang terdiri dari tiga laki-laki, dan tiga perempuan. Dari kecamatan Dusun Hilir sebanyak 34 orang yang mana laki-laki 15 orang, dan perempuan 19 orang," jelasnya.

Kemudian dari Kecamatan Jenamas terdiri dari tiga laki-laki, dan dua perempuan, sedangkan dari kecamatan Karau Kuala sebanyak 24 orang yang mana sembilan laki-laki, dan 15 perempuan.

Dari Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak tujuh orang yang terdiri dari tiga laki-laki, dan empat perempuan. Acara pertemuan tersebut dihadiri Kepala Puskesmas Dusun Selatan, dr Wahyu, dan dari Dinas Kesehatan Barito Selatan.

Baca juga: Hanya jamaah calon haji Indonesia yang dapat bekal uang saku

Pewarta :
Editor: Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar