Fenomena negatif jelang Pemilu 2019 harus ditanggulangi

id kabupaten seruyan,Kepala Kesbangpol Seruyan,Harta Sima ,Ketua Bawaslu Seruyan,Yulius Setiawan

Ketua Bawaslu Seruyan Yulius Setiawan (tengah) saat memimpin pertemuan bersama dengan perwakilan KPU, pemerintah kabupaten dan insan pers, Kuala Pembuang, Kamis, (8/11/2018). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

tidak sedikit pemicu dari berbagai masalah tersebut adalah akibat beredarnya informasi palsu atau hoax
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Saat ini sejumlah fenomena yang dianggap berbahaya dan berdampak buruk terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, harus ditanggulangi jelang pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 mendatang.

"Sejumlah fenomena negatif sedang berkembang saat ini dan harus ditanggulangi bersama oleh semua pihak, agar pemilu legislatif dan presiden di tahun mendatang terlaksana dengan baik," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Seruyan Harta Sima di Kuala Pembuang, Kamis.

Hal ini ia sampaikan saat pertemuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama insan pers yang ada di Kabupaten Seruyan. Kegiatan ini juga melibatkan perwakilan dari pemerintah kabupaten.

Fenomena negatif ini seperti isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang mulai digunakan oknum tidak bertanggung jawab dalam perkembangan politik di tingkat nasional.

Kemudian aksi persekusi yang dalam beberapa waktu terakhir terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Meski di Seruyan belum pernah ditemui, kejadian tersebut merupakan peringatan bagi semua pihak agar hal serupa dapat dicegah.

"Salah satu cara ampuh menanggulangi berbagai permasalahan ini adalah menyaring setiap informasi yang diterima. Karena tidak sedikit pemicu dari berbagai masalah tersebut adalah akibat beredarnya informasi palsu atau hoax," ungkapnya kepada awak media.

Ia pun mengajak insan pers yang ada di Seruyan, melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Melalui penghimpunan informasi secara benar dan akurat hingga membuat berita yang berimbang serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Ketua Bawaslu Seruyan Yulius Setiawan menjelaskan, pihaknya akan melibatkan insan pers dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, guna suksesnya penyelenggaraan pemilu legislatif maupun presiden di tahun 2019.

"Kami menilai insan pers merupakan salah satu pihak yang memiliki peran penting agar pemilu berjalan lancar. Melalui pemberitaan yang mereka buat, tentu fungsi pengawasan terhadap setiap pelanggaran menjadi semakin kuat," ujarnya menjelaskan.

Baca juga: Keterbatasan personel, Bawaslu Seruyan gandeng Pramuka awasi alat peraga kampanye

Insan pers diharapkan membuat berita yang berimbang sesuai kode etik jurnalistik dan mampu menjadi sumber informasi terpercaya untuk mencegah serta menanggulangi berbagai informasi palsu yang beredar.

Ia pun menegaskan, pihaknya selalu bekerja secara optimal dan menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku. Bawaslu Seruyan selalu mengedepankan pencegahan sebelum melakukan penindakan dalam setiap permasalahan.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar