Tumbuhkan jiwa patriotisme dan Nasionalisme pelajar

id kabupaten barito selatan,barsel,buntok,dandim buntok,Tuwadi ,bupati barsel,Eddy Raya Samsuri

Tumbuhkan jiwa patriotisme dan Nasionalisme pelajar

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri (tengah) foto bersama Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi pada kegiatan lomba upacara bendera di Buntok, Kamis (8/11/18). (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Keberadaan personil TNI itulah yang melatih disiplin dan menumbuhkan jiwa nasionalisme, serta patriotisme para pelajar SD dan SLTP
Buntok (Antaranews Kalteng) - Kodim 1012 Buntok bersama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menggelar lomba upacara bendera sebagai upaya menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di kalangan pelajar SD dan SLTP.

Setiap sekolah yang mengikuti lomba tersebut dalam melaksanakan upacara bendera, langsung dilatih oleh personil TNI, kata Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi di Buntok, kemarin.

"Keberadaan personil TNI itulah yang melatih disiplin dan menumbuhkan jiwa nasionalisme, serta patriotisme para pelajar SD dan SLTP," tambahnya.

Lomba upacara tingkat SD dan SLTP tersebut juga memberikan banyak manfaatnya. Mulai dari melatih disiplin, fisik, kekompakan, dan bagaimana memberikan perhatian dari arahan pembimbing.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dari 7-9 November 2018, dan untuk pembagian hadiah bagi para pemenang lomba akan diserahkan pada Peringatan hari Pahlawan 10 Nopember 2018.

"Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 20 sekolah yang terdiri dari SLTP sebanyak 6 sekolah, dan SD sebanyak 14 sekolah," kata Tuwadi.

Sementara Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri pada kesempatan itu menyambut baik dilaksanakannya lomba upacara bendera. Menurut dia, melalui kegiatan tersebut diharapkan disiplin, jiwa nasionalisme, dan patriotisme serta kecintaan terhadap tanah air lebih meningkat.

Dia mengatakan, meski dalam keadaan hujan, para pelajar yang menjadi peserta lomba tersebut tetap disiplin, dan serius dalam mengikuti lomba upacara bendera ini. Untuk itu diharapkan lomba upacara bendera ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya.

"Karena melalui kegiatan tersebut, merupakan salah satu cara untuk terus meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa patriotisme bagi generasi muda sebagai penerus bangsa," kata Eddy Raya Samsuri.

Acara lomba upacara bendera yang berlangsung dihalaman Kodim 1012 Buntok tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda).