Tindaklanjuti instruksi Gubernur tingkatkan pemberian kredit produktif

id kabupaten seruyan,bank kalteng seruyan,Direktur Umum Bank Kalteng,Ahmad Selanor Wanda , Kepala Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang,Bambang Purwadim

Tindaklanjuti instruksi Gubernur tingkatkan pemberian kredit produktif

Penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang yang baru Bambang Purwadi menggantikan pejabat lama Tajudinnor Asra baru-baru ini, Kuala Pembuang. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Peluang pertumbuhan ekonomi di Seruyan masih sangat besar, hal ini dibuktikan dengan usaha masyarakat di berbagai sektor terus alami peningkatan.
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Salah satu instruksi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kepada bank daerah adalah meningkatkan pemberian kredit sektor produktif, agar bisa memacu kinerja perekonomian daerah.

"Gubernur ingin Bank Kalteng mampu meningkatkan pengucuran kredit sektor produktif untuk mendorong laju pertumbuhan perekonomian, sehingga berimbas pada keberhasilan pembangunan di daerah," kata Direktur Umum Bank Kalteng Ahmad Selanor Wanda di Kuala Pembuang, Sabtu.

Keinginan Gubernur ini sesuai dengan potensi yang dimiliki berbagai daerah di Seruyan, seperti Kuala Pembuang, Rantau Pulut, Pembuang Hulu serta Danau Sembuluh. Kedepan Bank Kalteng menargetkan adanya peningkatan kredit sektor produktif diluar kredit konsumtif dan konstruksi.

Berbagai potensi usaha yang ada di Seruyan meliputi pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, transportasi dan jasa. Semuanya memiliki peluang besar untuk ditingkatkan sehingga mampu mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Hal ini ia sampaikan, saat serah terima jabatan Kepala Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang Bambang Purwadi menggantikan pejabat sebelumnya Tajudinnor Asra yang kini menjadi Kepala Bank Kalteng Cabang Sampit.

"Peluang pertumbuhan ekonomi di Seruyan masih sangat besar, hal ini dibuktikan dengan usaha masyarakat di berbagai sektor terus alami peningkatan. Kredit macet di Seruyan juga selalu terpelihara dengan baik dan tidak pernah melewati batas maksimal," tuturnya kepada Antara Kalteng.

Bank Kalteng berencana mengembangkan sayap usahanya di sejumlah daerah di Seruyan, seperti Kantor Kas di Danau Sembuluh pada akhir tahun 2018. Kemudian melakukan survei di wilayah Sukamandang untuk membuka kantor cabang pembantu.

Ia menjelaskan, survei sengaja dilakukan di Sukamandang  karena memiliki frekuensi perekonomian yang cukup baik, khususnya pada pertumbuhan usaha kecil dan menengah.  Survei akan dilakukan pada akhir tahun 2018, namun apabila tidak memungkinkan baru akan dimulai pada awal tahun 2019.

"Semakin bagus pertumbuhan dunia perbankan, menunjukkan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah berjalan dengan baik. Makanya kami berupaya semaksimal mungkin melihat berbagai peluang yang dimiliki daerah untuk bisa dimanfaatkan," terang Ahmad.

Bertepatan dengan peringatan hari jadi Bank Kalteng ke-57, bank milik daerah ini berkomitmen bekerja optimal untuk meningkatkan kontribusinya, terhadap perkembangan perekonomian di daerah yang berdampak nyata pada perkembangan pembangunan.

Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang juga menggelar kegiatan senam bersama dengan berbagai hadiah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Kegiatan ini dihadiri Bupati Seruyan Yulhaidir, jajaran FKPD dan perwakilan organisasi perangkat daerah.