Pemerintah se-Kalteng perlu melaksanakan program rehab rumah veteran

id Provinsi Kalimantan Tengah,peringatan hari pahlawan,hari pahlawan,sekda kalteng,fahrizal fitri,pemprov kalteng

Pemerintah se-Kalteng perlu melaksanakan program rehab rumah veteran

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan ke-73 di halaman perkantoran Gubernur Kalteng, Sabtu (10/11/18)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sekda Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menilai pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng memprogramkan rehab rumah kepada veteran maupun pejuang kemerdekaan, seperti yang telah dilaksanakan provinsi beberapa tahun terakhir.

Rehab rumah tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya memerdekakan Republik Indonesia, sekaligus memberikan fasilitas yang layak kepada para veteran maupun pejuang kemerdekaan yang ada di Provinsi Kalteng, kata Fahrizal usai memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan ke-73 di halaman perkantoran Gubernur Kalteng, Sabtu.

"Kalau untuk di Pemprov Kalteng, rehab rumah tersebut tetap dilaksanakan setiap tahun. Kami juga memberikan berbagai bantuan pada saat memperingati Hari Pahlawan. Harapannya kabupaten/kota se-Kalteng bisa juga mengikutinya," tambah dia.

Sedangkan Hari Pahlawan yang kembali diperingati pada 10 November 2018, diharapkan menjadi momentum untuk meningkat jiwa patriotisme seluruh elemen masyarakat. Selain itu, semakin banyak muncul pahlawan-pahlawan masa kini yang berjuang dan berkontribusi terhadap kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Fahrizal mengatakan, sekarang ini yang juga sangat perlu adalah menegakkan serta meningkatkan rasa kesetiakawanan. Sebab, melalui kesetiakawanan tersebut, berbagai perbedaan suku, agama, golongan dan lainnya tidak akan pernah menjadi permasalahan.

"Era digital seperti saat ini, seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, juga perlu memahami dan tidak mudah terprovokasi terhadap berbagai informasi yang beredar. Jangan sampai informasi-informasi itu memecahbelah bangsa ini," ucapnya.

Baca juga: Bupati Sukamara: Tanamkan semangat juang bagi generasi muda

Pria yang juga menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalteng itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bijaksana menggunakan media sosial. Apabila ada informasi atau berita bohong, tidak perlu dibagikan ke khalayak ramai, dan cukup disimpan sendiri.

"Mari kita maknai peringatan Hari Pahlawan dengan kemajuan bangsa Indonesia melalui bidang kita masing-masing. Dan, jangan mudah terprovokasi dengan informasi-informasi yang masih diragukan kebenarannya," demikian Fahrizal.

Baca juga: Enam tokoh yang dapat gelar pahlawan dari Jokowi