Barito Selatan memerlukan pahlawan untuk kemajuan pembanguan

id Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri,hari pahlawan,Transformasikan semangat pahlawan dalam pembangunan,Barito Selatan memerlukan pahlawan untuk kemajuan pe

Barito Selatan memerlukan pahlawan untuk kemajuan pembanguan

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan Ke 73 yang berlangsung dihalaman kantor Bupati setempat, Sabtu (10/11/18). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan semangat para pahlawan dapat ditransformasikan dalam pembangunan agar pembangunan bisa terus mengalami kemajuan.

Hal tersebut disampaikan Eddy Raya Samsuri saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan ke-73 yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati setempat, di Buntok, Sabtu.

Ia mengatakan, semangat para pahlawan tersebut dapat ditransformasi menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Kemudian lanjut dia, keberanian para pahlawan saat melawan penjajah dapat ditransformasikan menjadi inspirasi dalam mengusir musuh bersama bangsa yakni kemiskinan. 

"Begitu juga dengan kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, dapat dijadikan sebagai inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas, dan memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia," ucap Eddy Raya Samsuri.

Selain itu ia juga mengatakan, setiap zaman pasti ada pahlawannya, dan setiap pahlawan pasti berkiprah dieranya.

Terkait hal itu lanjut dia, di Barito Selatan ini juga memerlukan pahlawan untuk kemajuan pembanguan demi kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, sesuai dengan tema yakni "Semangat Pahlawan Di Dadaku" ini merupakan tema yang mengandung makna sesuai fitrahnya, dan didalam diri setiap insan harus tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Oleh karena itu, siapapun bisa menjadi pahlawan dengan berinisiatif mengabdikan yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa, dan negara tercinta ini.

"Curahkanlah gagasan, dan ide bagi pembangunan agar pembangunan terus mengalami kemajuan," ujar Eddy Raya Samsuri.

Untuk menggapai itu semua kata dia, dapat dilakukan dengan cara bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil, dan sejahtera sebagaimana cita-cita perjuangan bangsa.

"Perjuangan tersebut termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Upacara peringatan hari Pahlawan ke 73 yang dilaksanakan dihalaman kantor Bupati Barito Selatan itu berlangsung dengan khidmat, meskipun kota Buntok sedang diguyur hujan.

Pada kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Usai upacara, dilaksanakan pembagian hadiah lomba upacara bendera tingkat SD dan SLTP yang dilaksanakan Kodim 1012 Buntok bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

 
Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menyerahkan piala juara 1 lomba upacara bendera kepada Kepala Sekolah SD Islam Terpadu usai upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 73. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).