Bupati Bartim : Jadilah Pahlawan Pemersatu Bangsa

id Bupati Bartim Ampera,hari pahlawan, Jadilah Pahlawan Pemersatu Bangsa,Ampera AY Mebas

Bupati Bartim : Jadilah Pahlawan Pemersatu Bangsa

Bupati Bartim Ampera AY Mebas selaku inspektur upacara memberikan penghormatan pengibaran bendara merah putih pada peringatan Hari Pahlawan Nasional di Tamiang Layang memberi hormat, Sabtu (10/11/18). (Foto Protokoler Setda Bartim /Sum)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta seluruh elemen masyarakat di "Bumi Nansarunai - Jari Janang Kalalawah" menjadi pahlawan pemersatu bangsa di wilayah masing-masing sesuai profesinya.

"Kita semua hendaknya mentauladani pahlawan atau pejuang kemerdekaan dari pelbagai suku bangsa dan agama yang mau berjuang bersama-sama merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Maka, hendaknya jadilah pahlawan pemersatu bangsa di wilayah masing-masing dengan sesuai profesi masing-masing," kata Ampera usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurut Ampera, perpecahan saat ini rentan terjadi di berbagai wilayah di Indonesia dan menjadi problematika  yang harus dihadapi untuk diantisipasi.  

Sebagai salah satu anak bangsa, Ampera menginginkan momentum hari pahlawan menjadi refleksi dan cermin bagi seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Peringatan hari pahlawan dapat menjadi media untuk merekatkan kembali persaudaraan sesama anak bangsa, serta memperkuat rasa cinta tanah air dalam upaya bela negara.

"Saat ini tanggung jawab kita semua untuk menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menjadi pahlawan pemersatu bangsa dan negara," terangnya.

Dalam peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati  Bartim, Ampera AY Mebas bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Sedangkan Kapten Infantri Grati Purnomo menjadi komandan upacara.

Upacara hari pahlawan dihadiri Kapolres Bartim diwakili Kabag Sumda Kompol Muchtar, seluruh perwira dan Kapolsek dan personil Polres Bartim, Pabung 1012 Buntok Mayor Inf Rikun Hadi, Kasie Intel Kejari Bartim Arif Zein Nokhtah SH, jajaran kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bartim.

Usai upacara, Bupati Bartim Ampera AY Mebas menyerahkan bantuan alat bantu kaki berupa tongkat kepada salah satu veteran perjuangan Kabupaten Bartim. 

Didampingi wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh dan para tamu undangan, Ampera menonton pertunjukan drama kolosal tentang perjuangan masyarakat merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI di Tamiang Layang.

Dipimpin Kepala Daerah, para tamu undangan kemudian melakukan ziarah ke makan pahlawan Bumi Satria di Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah.