Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini

id Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini,Kantor pajak,Buntok,Widanarko,Pajak Bertutur

Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini

Kepala KP2KP Buntok Widanarko berfoto bersama usai kegiatan Pajak Bertutur. (Foto Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, gencar menggelorakan budaya sadar pajak sejak dini kepada generasi muda melalui pendidikan.

"Ini juga merupakan upaya membentuk karakter generasi yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan," kata Kepala KP2KP Buntok, Widanarko di Buntok, Senin.

Program Pajak Bertutur (Patur) yang sedang dijalankan merupakan upaya Direktorat Jenderal Pajak yang bekerjasama dengan Kemendikbud dan Kemenristek Dikti yang membidangi pendidikan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini kepada peserta didik.

Kegiatan sosialisasi Pajak Bertutur dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Direktorat Jenderal Pajak di seluruh Indonesia. Target kegiatan ini tidak hanya para pelajar, tetapi juga tenaga pendidik melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam pendidikan

"Untuk di wilayah Barito Selatan, KP2KP Buntok telah melaksanakan sosialisasi itu di sejumlah Sekolah Menengah Pertama seperti SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 4 Dusun Selatan," ujarnya.

Sosialisasi Patur sengaja dilakukan kepada siswa-siswi SMP, ini sesuai intruksi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) untuk mengedukasi tentang pajak sejak dini kepada pelajar SMP.

Menurut dia, sosialisas ini penting dilaksanakan dalam upaya mewujudkan generasi yang memiliki kesadaran pajak. Fakta menunjukkan masih rendahnya kesadaran pajak di kalangan wajib pajak dan masyarakat Indonesia. Padahal, pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagian besar ditopang dari penerimaan pajak.

"Uang pajak tersebut disalurkan untuk kemaslahatan masyarakat, seperti pembangunan sekolah, rumah sakit dan jalan raya yang pada akhirnya akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan Patur ini, generasi muda yang nantinya menjadi pelaku ekonomi ataupun pegawai negeri sipil (PNS) bisa patuh dan sadar dalam membayar pajak.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar