Seleksi CPNS sekarang ini jauh lebih baik, kata legislator Kalteng

id dprd kalteng,anggota dprd kalteng,Ina Prayawati,anggota komisi C DPRD Kalteng,CPNS kalteng 2018

Seleksi CPNS sekarang ini jauh lebih baik, kata legislator Kalteng

Anggota Komisi C DPRD Kalteng Ina Prayawati. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Legislator DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati menilai, proses perekrutan hingga pelaksanaan ujian seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil sekarang ini jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Badan Kepegawaian Nasiona (BKN) juga telah memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah untuk diterima menjadi PNS dengan menyediakan nilai 10 poin, kata Ina di Palangka Raya, Senin.

"Jadi, tinggal mencari poin tambahan agar sesuai standar passing grade. Kalau tidak sampai nilainya sesuai passing grade, ya jangan salahkan pemerintah. Kita yang harus mengevaluasi sudah sejauh mana kemampuan kita," ucapnya.

Menurut Anggota Komisi C DPRD Kalteng itu, persaingan dalam perekrutan CPNS sangat diperlukan agar yang diterima benar-benar berkualitas. Sebab, melalui persaingan tersebut kinerja dan pelayanan pemerintah akan mengalami perbaikan.

Ina mengatakan, jikapun ada tidak lulus saat seleksi CPNS tersebut, bukan berarti kurang baik, melainkan ada yang lebih terbaik. Dan, itu biasa terjadi dalam perekrutan CPNS.

"Masyarakat pun dalam menilai seseorang yang lulus CPNS bisa melihat memang benar-benar berkualitas. Masyarakat tentu akan menyatakan, wajar saja dia lulus, memang pintar orangnya. Kan bahasanya jadi seperti itu," beber dia.

Meski begitu, Anggota DPRD Kalteng dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berharap, siapapun yang belum lulus CPNS tidak langsung putus asa dan tetap semangat serta dapat mencoba dilain waktu.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS), harus lebih giat belajar dan menguatkan niat. Dengan begitu, berbagai soal-soal yang nantinya disediakan panitia CPNS bisa dikerjakan dengan baik dan benar.

"Kami tentu prihatin dengan banyaknya peserta CPNS yang tidak memenuhi passing grade. Tapi ya harus tetap semangat dan lebih giat lagi belajar dan menambah pengetahuan, agar nantinya bisa menjadi PNS," demikian Ina.