Transformasikan semangat pahlawan dalam melaksanakan pembangunan, kata Bupati Lamandau

id kabupaten lamandau,hari pahlawan 2018,pemkab lamandau,bupati lamandau,hendra lesmana

Transformasikan semangat pahlawan dalam melaksanakan pembangunan, kata Bupati Lamandau

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (kiri) memberikan tali asih dan bingkisan kepada ahli waris veteran pada Peringatan Hari Pahlawan ke 73 di halaman kantor Bupati Lamandau, Senin (12/11/18). (Foto Humas Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Peringatan ke-73 Hari Pahlawan tahun 2018 menjadi momentum bagi masyarakat untuk mentransformasikan semangat para pahlawan menjadi keunikan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Transformasi tersebut maksudnya semangat tersebut menginspirasi dalam mengusir musuh bersama bangsa saat ini yakni memerangi kemiskinan dan kebodohan, kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat upacara peringatan Hari Pahlawan, di Nanga Bulik, Senin.

"Kemiskinan menjadi musuh bersama bangsa ini, dan dalam momentum semangat kepahlawanan mari kita bersama-sama memerangi kemiskinan yang terjadi," ujarnya.

Menurut dia sejatinya masyarakat juga harus bisa mentransformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, agar menjadi inspirasi rakyat Indonesia melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa di pergaulan dunia.

'Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu mengatakan, tema peringatan hari pahlawan tahun yakni "semangat pahlawan di dadaku, harus dimaknai sesuai fitrahnya dalam setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, sehingga siapapun dapat menjadi pahlawan tanpa terkecuali dan mempunyai inisiatif dalam menjalankan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan, bangsa dan negara.

"Peringatan Hari Pahlawan juga menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia guna melakukan introspeksi diri, guna mengukur sejauh mana komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan," kata Hendra.

Dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar introspeksi diri untuk mengetahui sejauh mana nilai kepahlawanan dalam diri, sehingga dapat diaplikasikan untuk melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

"Saya berharap peringatan Hari Pahlawan harus menjadi semangat bersama dalam melahirkan ide dan gagasan cemerlang. Perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata berhenti untuk berjuang, setiap prestasi akan berlanjut pada estafet perjuangan berikutnya," demikian Hendra.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan ke 73 bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Bupati Lamandau dan diikuti oleh Forkopimda, DPRD, SOPD, Organisasi pemuda, pelajar dan ormas di Kabupaten Lamandau.