Empat Pimpinan fraksi di DPRD Kalteng berubah, Komisi-komisi menyusul

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,ketua fraksi di dprd kalteng,wakil ketua dprd kalteng,abdul razak,heriansyah

Empat Pimpinan fraksi di DPRD Kalteng berubah, Komisi-komisi menyusul

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) foto bersama dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng usai rapat paripurna ke-9 di ruang rapat paripura DPRD Kalteng, Rabu (14/11/18). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

pergantian pimpinan komisi-komisi DPRD Kalteng itu tidak ada kaitannya dengan operasi tangkap tangan (OTT)
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak membenarkan adanya perubahan komposisi pimpinan dan keanggotaan di empat dari tujuh fraksi untuk sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Pimpinan dan keanggotaan fraksi yang mengalami perubahan yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional, kata Razak usai memimpin rapat paripurna ke-9 masa persidangan III tahun sidang 2018 di ruang rapat paripurna DPRD Kalteng, Rabu.

"Ketua Fraksi PDIP yang semula dijabat Borak Milton, berganti menjadi Renhard Atu Narang. Ketua Fraksi Gerindra dari Arisavanah, kini dijabat Raden Anggoro Dian Purnowo. Ketua Fraksi Demokrat dari Punding LH Bangkan, berubah jadi Suwarno. Dan, Ketua Fraksi PAN dari Edi Rosada menjadi Reza Fahroni," beber dia.

Sedangkan komposisi pimpinan dan keanggotaan di Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, dan Fraksi gabungan Kebangkitan Bangsa dan Persatuan Pembangunan (KBPP) tidak ada mengalami perubahan.

"Perubahan pimpinan di empat fraksi tersebut merupakan usulan dari partai masing-masing yang disampaikan ke DPRD Kalteng. Mengenai alasannya, itu urusan masing-masing partai. Kami hanya menindaklanjuti surat dari empat partai tersebut," singkat Razak.

Baca juga: Ketua DPRD Kalimantan Tengah dipanggil KPK

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kalteng Heriansyah juga membenarkan setelah pengumuman perubahan personalia fraksi tersebut, rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan pergantian pimpinan dan anggota di masing-masing komisi.

Dia menegaskan bahwa pergantian pimpinan komisi-komisi DPRD Kalteng itu tidak ada kaitannya dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Komisi (KPK) terhadap empat anggota DPRD Kalteng.

"Penyegaran lah diakhir-akhir masa jabatan. Mungkin sebelum akhir tahun 2018 pergantian pimpinan dan anggota di komisi-komosi itu. Kan tidak perlu paripurna juga pergantian komisi-komisi itu. Cukup SK dari pimpinan DPRD saja," singkat Heriansyah.

Rapat paripurna ke-9 DPRD Kalteng yang dipimpin Abdul Razak tersebut didampingi Wakil Ketua lainnya yakni Heriansyah, Baharuddin Lisa, dan turut dihadiri Gubernur Sugianto Sabran, para anggota DPRD Kalteng dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalteng.

Baca juga: Dua anggota DPRD Kalteng di panggil KPK