Polres Bartim diminta tetap jaga kamtibmas selama proses Pemilu 2019

id Pemilu 2019,polres bartim,Kapolres Bartim AKBP Zulham Efendi,Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry,Polres Bartim diminta tetap jaga kamtibmas s

Polres Bartim diminta tetap jaga kamtibmas selama proses Pemilu 2019

Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh (kiri) saat mendampingi Kapolres Bartim AKBP Zulham Efendi yang disambut kedatangannya di Mako Polres Bartim, Rabu (14/11/18). (Foto Antara Kalteng/Habibullah).

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta polres setempat untuk tetap menjaga ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama proses pileg maupun pilpres 2019

"Kita optimis kapolres baru bisa membawa kesejukan, kamtibmas yang kondusif selama proses Pileg dan Pilpres," kata Abdul Saleh usai mengikuti sertijab Kapolres Bartim dari AKBP Wahid Kurniawan kepada AKBP Zulham Efendi di Tamiang Layang, Rabu.

Menurut Saleh, situasi dan kondisi di Kabupaten Bartim sangat kondusif, aman dan damai tanpa ada gangguan kamtibmas yang berarti. Hal ini perlu dijaga walaupun nanti sedang berlangsung proses Pileg dan Pilpres.

"Jangan sampai kerukunan antar sesama dan antar umat beragama yang selama ini terbangun dengan pondasi kuat, tergoyangkan karena adanya hembusan isu-isu provokatif yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab," katanya.

Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat agar meningkatkan pasrtisipasi dalam Pileg dan Pilpres. 

"Pilihan kita bisa berbeda, karena itu hak politik tiap individu dan harus kita hormati. Namun, menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan, agar tetap satu yakni sebagai bangsa Indonesia yang hidup rukun dan damai di Kabupaten Bartim," katanya. 

Saleh menambahkan, dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, semua insan harus tetap mempertahankan keamanan dan kedamaian di "Bumi Nansarunai - Jari Janang Kalalawah" yang selama ini berhasil dibangun dengan rasa kebersamaan. 

Kebersamaan ini dibuktikan dengan tetap menjaga kekompakan meski dalam suasana pesta demokrasi yang akan berlangsung nanti.

Kapolres Bartim AKBP Zulham Efendi mengatakan, eskalasi politik dan situasi meningkat ketika menjelang pemilu. Oleh seba itu, pihaknya mengharapkan seluruh masyarakat memahami informasi yang diperoleh untuk disaring terlebih dahulu.

"Jangan sampai dipolitisir. Untuk itu kita akan ingatkan masyarakat bahwa setiap informasi hendaknya disaring terlebih dahulu sebelum disebarkan ke media sosial," katanya.