Cara atasi amarah agar tidak tersulut

id marah,emosi,menahan,tersulut

Cara atasi amarah agar tidak tersulut

Ilustrasi. (Pixabay)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Suasana hati atau emosi sangat berpengaruh kepada kegiatan yang dilakukan. Misalnya, jika sedang memiliki emosi yang tinggi, tidak jarang Anda akan tidak bersemangat untuk bekerja atau justru berselisih dengan rekan kerja. Kalau terjadi seperti ini, malah akan mengganggu pekerjaan Anda, bukan? Sebaiknya lakukan 3 hal ini agar emosi tidak semakin tersulut.

*1. Pikirkan hal baik *

Saat dilanda oleh emosi yang sedang meninggi karena suatu masalah, tanpa disadari hal tersebut disebabkan oleh pikiran Anda yang sedang memikirkan kemungkinan buruk atau hal negatif tentang masalah itu. Sebaiknya saat emosi Anda sudah mulai naik, buanglah jauh-jauh pikiran negatif. Usahakan untuk memikirkan hal positif. Ini adalah cara paling sederhana agar Anda tidak larut dalam masalah dan menemukan jalan keluar terbaik.

2. Tahan emosi

Berteriak atau memukul sering dipilih sebagai bentuk luapan emosi yang sudah tidak terkontrol. Lebih baik Anda menahan diri, apalagi kepada orang yang terlibat masalah dengan Anda. Jika meluapkan emosi secara langsung, pasti akan ada konsekuensi yang terjadi. Bukannya masalah terselesaikan, justru makin berantakan. Bila Anda ada dalam situasi seperti ini, sebaiknya tarik napas dalam-dalam, lalu setelah suasana hati jauh lebih baik, baru luapkan apa yang Anda rasakan secara baik-baik.  

*3. Berusaha menerima masalah *

Masalah yang datang bertubi-tubi memang bisa menjadi penyebab kenapa emosi terus meninggi. Daripada larut dalam emosi yang penuh pikiran negatif, sebaiknya Anda berusaha bangkit untuk menerima masalah yang terjadi. Terima dengan lapang dada bahwa memang tidak semua hal berjalan dengan sesuai keinginan. Ada sebagian yang tidak mungkin diubah dan tidak semuanya menguntungkan.

Namun, yang paling penting agar Anda tidak tersulut emosi, usahakan untuk selalu melihat sisi positif dari masalah atau apa pun yang menimpa Anda.

sumber: womantalk