Harry Kane bawa Inggris lolos ke semifinal usai kalahkan Kroasia

id Inggris lolos ke semifinal usai pecundangi Kroasia,UEFA Nations League,Harry Kane bawa Inggris lolos ke semifinal usai pecundangi Kroasia,Harry Kane

Harry Kane bawa Inggris lolos ke semifinal usai kalahkan Kroasia

Pemain Inggris Harry Kane melakukan selebrasi setelah membukukan gol kedua untuk timnya saat melawan Kroasia dalam laga Grup 4 UEFA Nations League, di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (18/11/18). (ANTARA FOTO/Reuters-Carl Recine/hp).

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Inggris bangkit untuk dapat lolos ke semifinal UEFA Nations League, ketika Harry Kane dan Jesse Lingard mencetak gol-gol larut sat mereka menang 2-1 atas Kroasia, yang terdegradasi dari Liga A Grup 4 setelah menelan kekalahan di Stadion Wembley, London, Inggris pada Minggu malam WIB.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, Inggris menghadapi prospek terdegradasi ketika pemain Kroasia Andrej Kramatic mengemas gol pada menit ke-57, namun pemain pengganti Lingard dan Kane mengemas gol pada menit ke-77 dan 85 untuk membalikkan situasi di grup.

Pasukan Gareth Southgate, yang disingkirkan Kroasia di semifinal Piala Dunia Juli silam, mendominasi sebagian besar jalannya pertandingan namun tertinggal terlebih dahulu ketika Kramaric berputar sebelum melepaskan tembakan yang terdefleksi Eric Dier.

Tetapi Lingard mampu menyamakan kedudukan dan Kane mengonversi tendangan bebas Ben Chilwell untuk memastikan Inggris memuncaki grup di mana ketiga tim -- termasuk Spanyol yang memulai hari dengan menduduki posisi puncak namun menutup hari dengan berada di peringkat kedua -- berpeluang lolos ke fase gugur.

Inggris menyelesaikan fase grup dengan mengoleksi tujuh poin, unggul satu poin dari Spanyol dan unggul tiga poin atas Kroasia, yang terdegradasi ke strata kedua.

The Three Lions melakukan tiga perubahan dari tim yang mengalahkan AS dalam pertandingan persahabatan pada Kamis, di mana tidak ada tempat di tim inti bagi Lingard, Trent Alexander-Arnold, dan Callum Wilson.
 
Pemain Inggris Jesse Lingard membuat gol pertama untuk timnya saat melawan Kroasia dalam laga Grup 4 UEFA Nations League, di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (18/11/18). Inggris melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kroasia 2-1 dan kedua gol ini di cetak oleh Jesse Lingard dan Harry Kane. (ANTARA FOTO/Reuters-Carl Recine/hp).

Sementara itu, Kroasia tidak diperkuat gelandang berpengaruh Ivan Rakitic, dan saat ia absen tim tamu menyia-nyiakan peluang emas ketika Ante Rebic melepaskan tembakan yang melambung, saat kiper Inggris Jordan Pickford berada dalam posisi yang begitu terekspos ketika laga baru berlangsung dua menit.

Ketika Inggris mulai mendominasi, bola kiriman Kane tertuju kepada Raheem Sterling, namun pemain sayap Manchester City ini melepaskan tembakan yang mengarah lurus ke kiper Kroasia Lovre Kalinic, sedangkan sepakan Kane menyambut tendangan sudut masih melambung di atas mistar gawang.

Terdapat sekelompok penggemar Kroasia yang sangat vokal di antara 78.000 penonton yang hadir, namun mereka beruntung tidak melihat timnya kemasukan ketika sepakan Kane dapat digagalkan bek Tin Jedvaj dan Kalinic, di mana tim tamu kesulitan untuk menandingi kecepatan serangan Inggris.

Sepakan voli Ross Barkley mengenai net samping gawang tidak lama sebelum turun minum, setelah turun minum Kramaric mampu menyelesaikan peluang dengan mengonversi tembakan ke gawang pertama milik Kroasia.

Inggris memasukkan Dele Alli, Jadon Sancho, dan Lingard setelah gol itu dan energi mereka terbukti menentukan saat Lingard mencetak gol pada menit ke-77.

Kedua tim terlihat berbahaya dalam 15 menit terakhir pertandingan, namun saat publik Wembley memberikan dukungan maksimal, Kane mampu mengamankan kemenangan timnya dengan menyambut tendangan bebas Chilwell sekaligus mengamankan tiket Inggris ke putaran selanjutnya.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:
Inggris (4-3-3): Pickford, Walker, Gomez, Stones, Chilwell, Barkley (Alli 64'), Dier, Delph (Lingard 73'), Sterling, Kane, Rashford (Sancho 73')

Kroasia (4-2-3-1): Kalinic, Vrsaljko (Milic 26'), Lovren, Vida, Jedvaj, Modric, Brozovic, Kramaric, Vlasic (Rog 79'), Perisic, Rebic (Brekalo 46')