Pemkab Seruyan targetkan semua kecamatan miliki Forum Anak

id Pemkab Seruyan targetkan semua kecamatan miliki Forum Anak,Kuala pembuang,Kenakalan remaja,Pelajar

Pemkab Seruyan targetkan semua kecamatan miliki Forum Anak

Tim dari DP3AP2KB Seruyan saat melakukan monitoring evaluasi forum anak di Kecamatan Hanau beberapa waktu lalu. (Foto DP3AP2KB Seruyan)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menargetkan Forum Anak dibentuk di seluruh kecamatan pada tahun 2019 mendatang untuk menyukseskan pelaksanaan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.



"Pembentukan Forum Anak dilakukan secara bertahap. Saat ini baru terbentuk di lima kecamatan yang ada di Seruyan," kata Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Perlindungan Hak dan Tumbuh Kembang Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Seruyan Susi Heldawati di Kuala Pembuang, Rabu.



Forum Anak merupakan organisasi anak yang dibina pemerintah sebagai wadah menjalin komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia, dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.



Saat ini Forum Anak Seruyan telah terbentuk di lima kecamatan, di antaranya Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Seruyan Raya, Danau Seluluk dan Hanau. Sementara yang belum meliputi Batu Ampar, Danau Sembuluh, Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun.



"Pembentukan Forum Anak kami lakukan secara bertahap dan sesuai perencanaannya maka akan diselesaikan pada tahun 2019 mendatang," terangnya kepada Antara Kalteng.



Salah satu manfaat Forum Anak adalah meningkatkan kualitas serta kapasitas anak dalam pembangunan, khususnya pada bidang penanaman nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme serta pengembangan karakter diri.



Forum ini beranggotakan anak SMP hingga SMA sederajat yang dipilih melalui musyawarah bersama yang melibatkan pemerintah dan anak-anak. Anggota Forum Anak secara rutin menggelar pertemuan yang dilakukan dalam suasana bermain, partisipatif dan rekreatif.



"Forum Anak memiliki andil besar dalam upaya mengentaskan kenakalan remaja. Melalui wadah yang dibina langsung oleh pemerintah, mereka diarahkan kepada kegiatan positif dan menghindari pergaulan bebas hingga narkoba," tutur Susi.



Ia menjelaskan, anak-anak menyambut antusias keberadaan Forum Anak, karena beragam manfaat dirasakan langsung oleh mereka. Yaitu adanya fasilitas untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuan serta keberadaannya diakui secara politis oleh semua kelompok masyarakat di wilayahnya.



Pembentukan Forum Anak wajib dilakukan pemerintah untuk memenuhi amanah dalam undang-undang perlindungan anak. Selain itu keberadaannya sangat membantu pemerintah dalam penyebarluasan informasi agar tepat sasaran.



"Kami pun kini lebih mudah memahami dan merespons keinginan, pendapat serta kebutuhan anak yang ada di daerah," ujarnya mengakhiri.