Bupati ajak umat Hindu Kaharingan bersinergi bangun Lamandau

id kabupaten lamandau, kontingen Tandak Intan Kaharingan lamandau, Festival Tandak Intan Kaharingan IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ,Bupati Lamanda

Bupati ajak umat Hindu Kaharingan bersinergi bangun Lamandau

Bupati Lamandau Hendra Lesmana dan Wakil Bupati Riko Porwanto melepas 70 orang kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang di gelar di Tamiang Layang. Jumat (23/11/18). (Foto Humas Pemkab Lamandau)

diberikan kebebasan untuk memiliki kebebasan memilih kayakinan hidup untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak seluruh umat Hindu Kaharingan untuk memberikan kontribusi disegala sektor, demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Membangun bukan sekedar fisik tetapi juga penduduknya harus sehat jasmani maupun rohani, karena menjadi pondasi yang vital dalam pelaksanaan pembangunan seutuhnya, kata Hendra saat pelepasan kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, di aula Setda setempat, Jumat. 

"Pembangunan rohani berhubungan dengan sang pencipta. Sebagus apapun program kegiatan pembangunan tanpa dibarengi dengan akhlaq yang mulia, niscaya program tersebut tidak akan bisa memberikan manfaat secara optimal, tambahnya.

Menurut dia pembangunan agama harus berjalan beriringan dengan pembangunan fisik, walaupun ada anggapan bahwa pembangunan bidang keagamaan kurang memberikan dampak nyata bagi kesejahteraan rakyat.

Maka dari itu perlu dilakukan reformulasi kegiatan - kegiatan yang akan dilaksanakan agar langsung menyentuh kebutuhan dan aktifitas masyarakat sehari - hari.

"Oleh karena itu kita diberikan kebebasan untuk memiliki kebebasan memilih kayakinan hidup untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan sesuai dengan keyakinan kita masing-masing,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Lamandau sangat peduli dengan kegiatan keagamaan salah satunya dengan memberikan dukungan kepada umat Hindu Kaharingan yang ada di Kabupaten Lamandau, untuk mengikuti kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Provinsi tahun 2018.

Kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan merupakan sarana pengembangan, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu Kaharingan, melalui kitab suci panaturan, dan lagu-lagu kerohanian yang dalam buku kandayu.

"Untuk kegiatan festival Tandak Intan Kaharingan IX di Tamiang Layang, kita mengirimkan sebanyak 70 kontingen, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan taqwa bagi umat Hindu Kaharingan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Lamandau," demikian Hendra.