Legislator ingatkan masyarakat tingkatkan kewaspadaan musibah kebakaran

id Legislator ingatkan masyarakat tingkatkan kewaspadaan musibah kebakaran,DPRD,Palangka Raya,Sugianor

Legislator ingatkan masyarakat tingkatkan kewaspadaan musibah kebakaran

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sugianor mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana kebakaran yang dalam beberapa hari ini sering terjadi.

"Memang bencana kebakaran itu tidak ada yang tahu kapan bisa terjadinya, namun alangkah baiknya kita mencegahnya dengan cara memeriksa ulang seluruh instalasi listrik dan memastikan semuanya aman sebagai antisipasi bencana kebakaran," kata Sugianor di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menjelaskan, pemeriksaan tersebut harus dilakukan menyeluruh terhadap semua jaringan listrik, termasuk berbagai peralatan rumah tangga seperti televisi, kulkas, pendingin ruangan, penanak nasi, kipas angin dan peralatan elektronik lainnya.

"Sebelum bepergian, pastikan terlebih dahulu seluruh peralatan elektronik dalam kondisi tidak berfungsi, agar bahaya kebakaran tidak terjadi di kediaman kita," katanya.

Ketua PKB Kota Palangka Raya itu menambahkan, dirinya tidak henti-hentinya mengingatkan warga yang bermukim di kawasan padat penduduk seperti Jalan Mendawai, Rindang Banua atau Puntun, Jalan dr Murjani serta kawasan padat penduduk lainnya untuk tetap mewaspadai bahaya kebakaran yang kapan saja bisa terjadi.

"Aktifkan jaga malam bersama di kompleks perumahan. Jadi, ketika terjadi sesuatu pada malam hari maka akan selalu diketahui masyarakat yang terkena piket jaga malam," ungkap Sugianor yang juga Ketua Tani Kontak Andalan Provinsi Kalteng.

Sebelumnya, kebakaran rumah terjadi di dua lokasi khususnya di Kota Palangka Raya. Kebakaran pertama terjadi Jumat (23/11/18) dini hari di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Riau, api berhasil menghanguskan enam bangunan rumah semi permanen.

Di lokasi kedua, kebakaran terjadi di Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya tepatnya kantor Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar dan dua unit rumah milik warga yang berdekatan dengan kantor Golkar tersebut.

Kasus kebakaran di dua lokasi tersebut kini masih dalam penyelidikan aparat yang berwajib. Sampai saat ini kepolisian belum mengetahui penyebab kebakaran di dua lokasi tersebut.