Meningkatkan kualitas guru Barito Timur melalui jambore

id Meningkatkan kualitas guru Barito Timur melalui jambore,Tamiang layang,PGRI,Bupati,Ampera AY Mebas

Meningkatkan kualitas guru Barito Timur melalui jambore

Salah satu peserta mengikuti lomba vokal menyanyikan lagu wajib hymne PGRI di acara Jambore Guru di Bangi Wa'o Tamiang Layang, Sabtu (24/11/2018) malam. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Guru di Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah, yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengikuti jambore guru tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bangi Wa'o di Tamiang Layang, Sabtu (24/11).

Ketua PGRI Barito Timur Perkadi Guai mengatakan, jambore yang dilaksanakan berbarengan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-73 tahun 2018 itu merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas guru di daerah itu.

"Dalam meningkatkan kualitas guru itu kami mengadakan berbagai lomba yaitu vokal solo, membaca Al-Quran, Tenis meja, bulu tangkis, lomba kreativitas guru, seminar pendidikan dan ulang janji guru serta nanti akan diadakan apel besar dalam rangka memperingati hari guru," kata Perkadi yang juha menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Barito Timur di Tamiang Layang, Minggu.

Menurut Perkadi, jambore ini menjadi sarana bagi guru untuk mengingat kembali niat mereka mengabdi sebagai guru yang bisa menciptakan generasi muda yang handal dan berkualitas, sebagai generasi penerus bangsa. Hal itu sesuai dengan tema yang ingin digapai yakni meningkatkan profesionalisme guru menuju pendidikan abad 21.

Menurut Perkadi, ada banyak tantangan yang akan dihadapi guru di era digitalisasi saat ini. Adaptasi guru perlu dilakukan untuk menyeimbangkan pengetahuan tentang dunia digital sebagai sumber informasi dan komunikasi serta memanfaatkannya untuk menjadi lebih handal dan berkualitas dalam berkarya.

Guru juga diharapkan sebagai penggerak perubahan dalam era revolusi industri. Mencetak generasi-generasi yang berkualitas untuk mampu menghadapi perubahan zaman merupakan komitmen yang perlu dipegang oleh guru.

"Para guru diharapkan bisa menjadi teladan dalam sistem pembinaan dan pengajaran di sekolah. Guru juga harus mampu menjadi pelopor perkembangan dalam era revolusi industri," kata Perkadi.

Guru juga diharapkan bisa menjadi generasi milenial yang memiliki daya saing dan semangat menjaga oersatuan dan kesatuan bangsa. Peran guru sangat besar terhadap kemajuan daerah dan masyarakat, khususnya dalam hal peningkatan mutu pendidikan.

Sementara itu, ratusan guru dari 10 kecamatan di Kabupaten Barito Timur ikut memeriahkan Jambore Guru tahun 2018 di Bumi Perkemahan Bangi Wa'o yang dilaksanakan sejak 23-26 November 2018.

Puncak peringatan Hari Guru Nasional ke-73 juga diperingati dengan apel besar di Bangi Wa'o dengan dipimpin Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas sebagai inspektur upacara.