BNF gelar Festival Anak Sebangau bertema lingkungan

id Bnf,borneo nature foundation,festival anak,taman sebangau

BNF gelar Festival Anak Sebangau bertema lingkungan

Peserta Festival Anak Sebangau tengah melalukan pertunjukan perkusi/menari di Kawasan Wisata Air Hitam Sungai Sabangau, Palangka Raya, Minggu (25/11/18). (foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - "Borneo Nature Foundation (BNF)" menggelar Festival Anak Sebangau 2018 di kawasan wisata air hitam Sungai Sabangau, Palangka Raya bertema besar menjaga lingkungan dengan pengelolaan sampah.

"Festival Anak Sebangau tahun ke tiga ini temanya anak-anak belajar tentang sampah. Apalagi anak-anak ini tinggal di kawasan wisata, namun saat ini masih banyak orang yang kurang peduli dengan sampah," kata Koordinator Anak Sebangau Program Pendidikan BNF, Petricia Andini Hutasoit di Palangka Raya, Minggu.

Pada acara tersebut ditampilkan sejumlah pertunjukan seperti tarian daerah, perkusi dengan alat musik dari sampah, akustik lagu tanam saja, serta drama monster sampah.

Selain itu, acara Festival Anak Sebangau 2018 itu juga dimeriahkan dengan pembagian 150 bibit pohon berupa pohon durian, petai dan cempedak.

Seluruh penampilan tersebut diperankan oleh anak-anak peserta program pendidikan BNF yang mana sampai saat ini tercatat sebanyak 35 anak aktif di program tersebut.

Anak-anak yang turut tampil di acara tahunan itu, berkisar antara delapan hingga 15 tahun.

"Melalui Festival Anak Sebangau ini, anak-anak yang sebelumnya telah mengikuti pendidikan bersama BNF bisa menumbuhkan kepedulian masyarakat serta wisatawan di sini terkait pengelolaan sampah," kata Petricia yang juga selaku ketua panitia.

Dia menambahkan, pada tahun depan pihaknya berencana memnuat mini "workshop" yang mana anak-anak peserta pendidikan BNF akan menjadi fasilitator terhadap anak-anak seusiannya.

Manajer Pengembangan Program dan Kerja Sama BNF Agnes Ferisa menambahkan, acara Festival Anak Sebangau ini merupakan puncak pendidikan yang dilakukan BNF selama 2018.

Dia menerangkan, untuk program pendidikan BNF itu dilaksanakan pada Rabu, Kamis dan Jumat mulau pukul 13.30-16.00 WIB secara gratis.

"Salah satu tujuan adanya pendidikan ini ialah menumbuhkan sikap cinta lingkungan kepada anak sejak dini. Anak ialah infestasi masa depan. Di tangan mereka lah nanti kondisi lingkungan kita ditentukan," katanya.